Ilustrasi french fries atau kentang goreng.
Ilustrasi french fries atau kentang goreng. ( shutterstock/Fischer Food Design)

Renyah Tidak lembek, Berikut 4 Cara Buat Kentang Koreng Ala Restoran

9 Mei 2023 12:32 WIB

SonoraBangka.id - Kentang goreng di restoran umumnya renyah dan tidak lembek, sedangkan kalau buat kentang goreng sendiri di rumah hasilnya tidak mirip dengan yang dibuat di restoran. Ada cara agar kentang goreng bisa tetap renyah dan tidak lembek, yaitu kentang digoreng sebanyak dua kali. Selain itu, ada juga faktor lain yang membuat kentang goreng ala restoran bisa renyah. Melansir The Spruce Eats, berikut ini cara membuat kentang goreng renyah dan tidak lembek.

1. Pilih jenis kentang yang mengandung pati tinggi

Jenis kentang yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir dari kentang goreng, apakah bisa renyah atau tidak.  Kamu dapat menggunakan kentang yang mengandung pati tinggi untuk membuat kentang goreng.  Contoh kentang yang mengandung pati tinggi adalah kentang Russet. Jenis kentang ini lebih padat dan kadar airnya paling sedikit. Hindari penggunaan kentang yang berlilin, seperti kentang merah, kentang muda, dan kentang fingerling. Beberapa jenis kentang itu mengandung banyak air sehingga setelah digoreng, hasilnya menjadi lembek.

2. Bersihkan kentang secara menyeluruh

Kamu perlu siapkan mangkuk besar berisi air dingin dan tambahkan satu sendok makan air perasan lemon.  Setelah kentang dikupas dan dipotong-potong, rendam di dalam air yang sudah disiapkan tadi. Kemudian, dinginkan di dalam lemari es selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar kentang tidak berubah warna kecoklatan.  

3. Gunakan minyak kacang 

Kentang goreng buatan restoran bisa sangat renyah karena mereka menggunakan minyak lama secara terus menerus. Saat minyak dalam keadaan panas tinggi, minyak akan rusak dan terurai lambat. Hal itu bisa menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah.  Kamu dapat menggunakan minyak goreng sebanyak tiga hingga empat kali atau total waktu masak selama enam jam.  Minyak perlu disaring dengan benar dan simpan dalam wadah kedap udara. Minyak sebaiknya disimpan di dalam lemari es atau tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.  Namun, jika bau minyak sudah tidak sedap atau menyengat, sebaiknya jangan digunakan kembali dan langsung dibuang saja. 

4. Goreng kentang sebanyak dua kali

Kentang harus digoreng sebanyak dua kali agar renyah. Proses goreng pertama menggunakan suhu yang lebih rendah agar bagian dalam kentang matang.  Proses goreng kedua kamu harus menggunakan suhu yang lebih tinggi untuk membuat kentang goreng berwarna coklat keemasan dan renyah bagian luarnya.  Kamu bisa menggunakan penggorengan atau panaskan minyak dalam panci besi cor. Gunakan termometer khusus untuk mengecek suhu minyak.  Panaskan minyak dengan api sedang hingga suhu mencapai 163 derajat celcius. Masak kentang selama 6-8 menit dan warna kentang agak keemasan. Sebelum digoreng, pastikan kentang sudah ditiriskan terlebih dahulu. Jangan goreng kentang dalam keadaan basah.  Setelah matang, angkat dan diamkan pada suhu ruang selama 15 menit. Setelah dingin, goreng lagi selama 2-3 menit dengan suhu yang sama sampai warnanya coklat keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan minyak. Lalu, beri garam secukupnya dan sajikan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Kentang Goreng ala Restoran, Renyah dan Tidak Lembek ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/09/080900375/4-cara-membuat-kentang-goreng-ala-restoran-renyah-dan-tidak-lembek-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm