ilustrasi pisang goreng.
ilustrasi pisang goreng. ( Shutterstock/Lano Lan)

Berikut Ini 3 Cara Goreng Pisang Agar Renyah Dan Tidak Benyek

9 Mei 2023 12:42 WIB

SonoraBnagka.id - Pisang Goreng Sultan merupakan usaha makanan di Solo, Jawa Tengah yang didirkan saat pandemi Covid-19. Menurut Dita Ayu Arini, karyawan Pisang Goreng Sultan, penggunaan jenis pisang raja menjadi ciri khas usaha makanan ini. "Renyahnya itu didapat dari tepung racikan, bukan tepung biasa. Makanya Pisang Goreng Sultan cuma ada satu di Solo," kata Dita saat ditemui media di Festival Kuliner Pecinan, Kamis (4/5/2023). Lainnya, penggunaan wijen dan karamel juga menjadi ciri khas gorengan dari Pisang Goreng Sultan. Dita membagikan tips menggoreng pisang agar renyah tahan lama. Kamu bisa mengikutinya cara ini di rumah.

1. Balur pisang dengan sempurna

Adonan basah yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan air, harus dibalur merata ke seluruh bagian pisang. Kamu bisa memasukkan pisang satu per satu ke dalam adonan basah agar balurannya sempurna. 

2. Gunakan banyak minyak

Selanjutnya, perhatikan jumlah minyak saat menggoreng pisang. Hindari menggunakan minyak sedikit. "Minyaknya harus banyak, yang penting pisangnya tenggelam," ujar Dita.

3. Goreng pisang dalam minyak panas 

Jangan memasukkan pisang saat minyak masih belum panas. Panaskan minyak terlebih dulu, baru mulai menggoreng pisang. "Kalau minyaknya belum panas, pisangnya bisa jadi lembek dan meresap lebih banyak minyak," jelas Dita. Sesuaikan jumlah pisang dalam minyak panas tersebut. Usahakan jumlahnya tidak terlalu banyak agar panas minyak bisa tersebar merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Goreng Pisang agar Renyah dan Tidak Benyek, Saran dari Pedagang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/08/150300875/3-cara-goreng-pisang-agar-renyah-dan-tidak-benyek-saran-dari-pedagang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm