ilustrasi roti dan beras.
ilustrasi roti dan beras. ( SHUTTERSTOCK/aomas)

Sering Dikonsumsi,Mana Karbohidrat Yang Lebih Sehat? Nasi Atau Roti ?

9 Mei 2023 12:46 WIB

SonoraBangka.id - Nasi dan roti merupakan dua jenis karbohidrat populer di Indonesia, keduanya sering dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.  Meski keduanya merupakan sumber karbohidrat, ada perbedaan kandungan gizi yang bisa menjadi perhatian kamu sebelum mengonsumsi dua makanan ini. Sebanyak 25 gram roti tawar putih mengandung 67 gram kalori. Berarti, 100 gram roti tawar putih memiliki kandungan 268 kalori. Sementara itu, setiap 100 gram nasi putih mengandung 123 kalori, lebih sedikit daripada roti tawar putih, seperti dilansir Healthline.

Laman Healthline lain menulis, 25 gram roti tawar putih mengandung 13 karbohidrat, 2 gram protein, dan 1 gram. Nasi putih mengandung lebih sedikit protein daripada roti tawar putih, yakni 2,9 gram untuk setiap 100 gramnya. Lebih lengkap, nasi putih dengan takaran yang sama mengandung 26 karbohidrat dan 0,4 gram lemak. Kandungan nutrisi lain yang bisa dibandingkan antara dua karbohidrat ini adalah jumlah seratnya.

Ada dua jenis serat, yakni serat larut dan tidak larut. Jenis serat larut dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan. Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan serat makanan bisa memengaruhi penurunan berat badan. Asupan kalori pun otomatis berkurang. Serat larut akan menyerap air dalam usus dan memperlambat penyerapan nutrisi, sehingga meningkatkan rasa kenyang.

Setiap 100 gram nasi putih mengandung 0,9 gram serat. Setiap 25 gram roti tawar putih mengandung 0,6 gram serat. Itu artinya, kandungan serat dalam roti tawar putih lebih tinggi daripada nasi putih. Terakhir, ada kandungan vitamin serta mineral nasi putih dan roti tawar putih yang tidak jauh berbeda. Namun, nasi putih memiliki kandungan vitamin B6 dan magnesium yang tidak terdapat dalam roti tawar putih.  Kamu bisa mempertimbangkan kebutuhan gizi makanan sebelum memilih dua jenis karbohidrat ini. Jika berkaitan dengan penyakit tertentu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk pertimbangan lebih tepat untuk kondisi tubuh. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasi atau Roti, Mana Karbohidrat Lebih Sehat?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/08/140600675/nasi-atau-roti-mana-karbohidrat-lebih-sehat-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm