Ilustrasi singkong thailand.
Ilustrasi singkong thailand. ( DOK.SHUTTERSTOCK/ROSDANIAR)

Agar Cepat Empuk, Berikut Ini 5 Cara Merebus Singkong

9 Mei 2023 12:56 WIB

SonoraBangka.id -  Ada banyak olahan singkong yang bisa kamu coba buat di rumah. Salah satunya, singkong rebus yang bisa kamu cocol dengan berbagai bumbu. Ada tips merebus singkong agar empuk dan pulen. Dilansir dari beberapa sumber, coba simak cara rebus singkong merekah berikut ini. 

1. Pilih singkong berkualitas bagus

Dihubungi oleh Kompas.com, Puspita Fajar Hernanda selaku pemilik Spesial Singkong keju 1852 menyarankan untuk memilih singkong dengan kulit yang mengelupas. Hal tersebut menandakan kalau singkong bagus. “Pilih kulit singkong yang mengelupas. Jadi kulitnya itu terkelupas sedikit-sedikit itu malah yang bagus. Bikin ngupasnya juga gampang nanti” ungkapnya.

2. Potong kecil

Hindari menggunakan singkong dalam potongan yang besar. Cara itu bisa membuat singkong lama menjadi empuk. Potong ukuran kecil dan buang urat pada permukaannya. Cara ini bisa membuat singkong cepat matang saat direbus.

3. Rendam 15 menit

Siapkan air bersih kemudian rendam selama 15 menit atau sesuai kebutuhan sambil menunggu air untuk merebus matang dan mendidih.

4. Perhatikan durasi memasak

Dilansir dari laman Real Simple, singkong yang direbus hanya perlu durasi masak sekitar 20 menit saja. Dalam durasi tersebut, singkong sudah bisa diangkat dan teksturnya mulai empuk.

5. Rendam dalam air es

Setelah singkong matang dan diangkat dari panci, rendam dalam air es selama 15-30 menit. Cara ini bisa membuat singkong lebih merekah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Rebus Singkong agar Cepat Empuk, Rendam Dulu 15 menit ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/08/120300075/5-cara-rebus-singkong-agar-cepat-empuk-rendam-dulu-15-menit-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm