Kipas Radiator(Kompas)
Kipas Radiator(Kompas) ( KOMPAS.COM)

Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Sudah Mulai Melemah

9 Mei 2023 21:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Putaran kipas radiator seharusnya bisa berubah-ubah kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, kecepatan kipas bisa berputar pelan, sedang dan kencang.

Mengingat kebutuhan mesin atau pun AC mobil selalu berubah, maka kipas radiator dituntut mampu memenuhi semuanya, sehingga kipas yang tidak mampu berputar dengan kencang bisa dikatakan sudah lemah.

Lantas, apa tanda kipas radiator sudah melemah?

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan, kipas radiator yang sudah lemah ditandai dengan beberapa gejala dan bisa memeriksanya langsung.

“Kipas radiator yang lemah bisa ditandai dengan menurunnya performa AC mobil, embusan angin menjadi tidak sejuk seperti biasanya, gejala ini berkaitan dengan freon di area kondensor yang tidak dapat didinginkan dengan optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Hardi mengatakan ketika sistem AC ada yang bermasalah, maka sudah pasti performanya akan menurun. Salah satu penyebabnya adalah kipas radiator yang lemah.

Selain AC, mesin juga akan mengalami kenaikan suhu tidak seperti biasanya. Kalau biasanya air radiator bisa didinginkan lebih cepat, maka ketika kipas radiator lemah maka suhu mesin akan lebih lama turun.

“Bahkan terkadang ketika kondisi tertentu, seperti macet suhu dapur pacu bisa mengalami overheat, namun ketika mobil melaju suhu akan normal karena ada embusan angin dari arah depan mobil,” ucap Hardi.

Pengguna mobil juga bisa melihat putaran kipas radiator secara langsung, menurut Hardi. Caranya dengan menyalakan AC pada posisi maksimal, dan perhatikan putaran kipas seharusnya sangat kencang.

“Bila kipas berputar lebih pelan daripada biasanya, bisa didengarkan suara atau merasakan embusan angin dengan kertas, maka bisa jadi putaran kipas sudah melemah,” ucap Hardi.

Dengan demikian sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan lebih akurat terkait kipas yang lemah. Biasanya pihak bengkel memiliki alat khusus, atau scanner yang bisa memantau putaran kipas radiator berdasarkan perbandingan status kecepatan pada sistem dengan sesungguhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/09/191200015/pemilik-mobil-wajib-tahu-tanda-kipas-radiator-mulai-melemah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm