Panel AC(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Panel AC(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Kondisi AC Mobil Harus Posisi Off Sebelum Mematikan Mesin?

10 Mei 2023 19:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mematikan mesin mobil setelah digunakan tentu saja gampang. Begitu kunci kontak diputar ke posisi off, maka jantung pacu akan mati karena sistem kelistrikan terputus sehingga tidak ada pengapian dan suplai bahan bakar.

Berdasarkan kabar yang beredar, mematikan mesin mobil ada aturannya salah satunya wajib menyetop AC terlebih dulu. Ada yang bilang supaya komponen AC awet, mesin awet, aki awet dan sejenisnya.

Lantas, apakah benar AC harus off sebelum mematikan mesin?

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan mematikan AC sebelum menyetop mesin mobil tidak wajib, namun ada keuntungannya ketika dilakukan.

“Matikan mesin dalam kondisi AC masih hidup boleh saja, kan dengan mesin mati maka sistem AC mobil akan berhenti dengan sendirinya, dari sisi komponen AC sih aman saja ya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Kelebihan mematikan AC terlebih dulu sebelum mematikan mesin sebenarnya terletak pada faktor antisipasi terhadap keawetan mesin.

Hardi mengatakan ketika AC mobil dimatikan maka kipas radiator atas dasar perintah sistem AC akan terputus, sehingga satu-satunya perintah berasal dari mesin.

“Ketika kipas masih berputar, dengan AC mati, maka itu artinya suhu mesin masih cukup tinggi sehingga kipas masih saja terus berputar untuk mendinginkan, jangan sampai kondisi seperti itu mesin langsung dimatikan,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, ketika suhu mesin masih tinggi, lalu mesin dimatikan maka komponen mesin tidak akan mendapatkan pendinginan secara tuntas. Kondisi itu akan meningkatkan risiko terjadinya pemuaian kepala silinder dan blok mesin.

“Khususnya bila mobil tersebut sering mengalami kenaikan suhu, maka cara mematikan mobil yang kurang tepat itu bisa membuat kerusakan pada kepala silinder, lebih mudah melenting, akhirnya akan membuat mesin rusak,” ucap Hardi.

Jadi, tujuan mematikan AC sebelum mematikan mesin adalah untuk memastikan apakah suhu mesin masih tinggi atau sudah dingin. Kalau kipas sudah mati, artinya mesin sudah dingin dan baru aman untuk dimatikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/10/110200215/mitos-atau-fakta-kondisi-ac-mobil-harus-off-sebelum-mematikan-mesin-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm