ilustrasi greek yoghurt.
ilustrasi greek yoghurt. ( SHUTTERSTOCK/mama_mia)

Bisa Buat Empuk Daging, Berikut 6 Kegununaan Yoghurt Untuk Masakan

11 Mei 2023 06:56 WIB

SonoraBangka.id - Yoghurt umumnya dimakan langsung sebagai camilan atau hidangan penutup. Selain itu, yoghurt juga bisa digunakan pada bahan masakan.  Rasa asam segar dan tekstur yang unik membuat yoghurt cocok dikombinasikan dengan hampir segala masakan, baik masakan gurih maupun dessert. Melansir laman Bon Appetit dan All Recipes, berikut ini enam kegunaan yoghurt sebagai bahan masakan yang perlu kamu ketahui. 

 1. Olesan roti

Selain bisa dimakan langsung dari wadahnya, yoghurt juga enak dioleskan pada roti panggang sebagai pengganti mentega.  Kamu bisa membuat roti panggang dengan olesan yoghurt sebagai santapan sarapan.  Aneka makanan panggang lain seperti biskuit, muffin, dan kue, bisa kamu tambahkan yoghurt di atasnya atau campuran yoghurt pada bahan-bahan masakan.  Penambahan yoghurt memberi rasa sedikit tajam dan tekstunya ringan lembut.

2. Gunakan sebagai salad dressing 

Kamu bisa menggunakan yoghurt sebagai salad dressing. Cara penggunaannya pun mudah. Tambahkan satu atau dua sendok makan minyak zaitun ke dalam yoghurt. Lalu, encerkan dengan air serta bumbui dengan garam dan merica. Kamu juga bisa menambahkan cuka dan bawang merah cincang.

3. Yoghurt sebagai pengganti mayones dan sour cream

Yoghurt bisa digunakan sebagai pengganti mayones yang lebih ringan dan sehat pada setiap masakan, seperti salad atau saus cocolan. Yoghurt juga bisa digunakan sebagai pengganti sour cream yang lebih sehat. 

4. Pengempuk daging

Enzim yang terkandung dalam yoghurt bisa membantu memecah protein sehingga dapat membuat empuk daging.  Oleh karena itu, yoghurt bisa digunakan sebagai bahan marinasi daging, terutama untuk masakan dengan rasa khas Timur Tengah. Daging yang dimarinasi dengan yoghurt hasilnya setelah dimasak akan lebih renyah tapi tidak memiliki tekstur keras atau kenyal. Saus berbahan yoghurt bisa menyeimbangkan hidangan pedas atau yang rasanya sedikit pahit.

5. Penyempurna hampir segala masakan 

Satu atau dua sendok yoghurt bisa dicampurkan ke hampir segala masakan dan membuat sentuhan akhir rasa masakan menjadi lebih sempurna, mulai dari daging hingga tumis sayuran. 

6. Tambahkan yoghurt ke dalam sup

Kamu bisa menambahkan satu sendok makan Greek yoghurt ke dalam sup hangat yang creamy. Rasa sup yang sudah gurih bisa diseimbangkan dengan rasa segar dan tajam dari yoghurt.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Kegunaan Yoghurt untuk Masakan, Bisa Bikin Empuk Daging", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/10/180600275/6-kegunaan-yoghurt-untuk-masakan-bisa-bikin-empuk-daging?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm