Ilustrasi wasir pada ibu hamil
Ilustrasi wasir pada ibu hamil ( )

Mau Tahu Bagaimana Cara Mengobati Wasir pada Ibu Hamil? Intip Disini

12 Mei 2023 08:26 WIB

SonoraBangka.idWasir adalah pembengkakan vena yang berkembang di sekitar anus. Waisr dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

Cara mengobati wasir pada ibu hamil perlu diperhatikan. Pasalnya, data menunjukkan penyakit satu ini lebih rentan diderita oleh orang yang lebih tua dan ibu hamil.

Bahkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia memperkirakan terdapat lebih dari 20 juta orang di Indonesia menderita wasir pada tahun 2022. Lantas, bagimana cara mengobati wasir pada ibu hamil?

Sebelum tahu cara mengobati wasir pada ibu hamil, Sahabat NOVA harus tahu beberapa penyebab umum terjadinya wasir.

Diantaranya, senang mengonsumsi makanan pedas, duduk terlalu lama, sembelit (diare berkepanjangan), atau sering mengangkat beban berat.

Sayangnya, jumlah pasien wasir mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satunya penyebabnya karena pasien merasa malu dan enggan memeriksakan diri ke dokter sehingga baru mengunjungi dokter setelah grade besar (3-4).

Wasir sendiri terbagi menjadi grade 1 (ringan) hingga grade 4 (berat), berkembang menjadi masalah yang lebih serius seperti pendarahan rektum, anemia, infeksi, dan prolaps (keluarnya jaringan dari anus).

Namun, kini tak perlu khawatir lagi sebab saat ini telah banyak dokter spesialis dan juga klinik yang mampu memberi pengobatan maksimal dengan menghadirkan teknologi terkini pada pasien. 

Salah satu dokter Spesialis Bedah yang menekuni pengobatan wasir adalah dr. Tony Sukentro, Sp.B. atau yang lebih akrab dipanggil dr. Tony. Beliau saat ini praktek di klinik STWC.

“Pada dasarnya, terdapat beberapa teknik dasar pengobatan wasir, diantaranya yaitu dengan Pila, Safute, Laser, Stapler, Radiofrequency dan Ultrasonic. Beragam teknik pengobatan ini pastinya juga akan disesuaikan dengan kondisi grade wasir pasien,” jelas dr. Tony.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm