ilustrasi lapisan atmosfer bumi.
ilustrasi lapisan atmosfer bumi. ( spaceplace.nasa.gov)

Ada Suara Misterius dari Atmosfer Bumi yang Terdeteksi Ilmuan, Suara Apakah itu?

14 Mei 2023 08:21 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini ilmuwan mendeteksi suara misterius dari lapisan atmosfer Bumi melalui misi balon bertenaga surya. 

Laboratorium Nasional Sandia meluncurkan misi balon bertenaga surya yang dilengkapi dengan mikrofon ke wilayah atmosfer Bumi

Pada saat berada di ketinggian 15 kilometer di atas planet Bumi, misi balon bertenaga surya justru menemukan suara misterius yang berulang beberapa kali per jam. 

Dilansir dari space.com, suara tersebut direkam dalam rentang bunyi infrasonik, yang berada pada frekuensi 20 Hertz. 

Daniel Bowman, seorang ilmuwan dari Laboratorium Nasional Sandia menjelaskan bahwa ada sinyal infrasonik misterius yang terdengar di lapisan stratosfer. 

Apakah teman-teman masih ingat apa yang dimaksud dengan lapisan stratosfer? 

Lapisan stratosfer merupakan salah satu lapisan di atmosfer Bumi yang berfungsi sebagai pelindung dari gelombang radiasi ultraviolet sinar Matahari. 

Pada lapisan ini, tidak ada badai, turbulensi, ataupun lalu lintas udara, sehingga suara yang didengar oleh mikrofon akan terdengar jelas. 

Mengetahui fakta ini, Daniel Bowman dan rekan-rekan ilmuwan berusaha mengumpulkan data yang diperlukan. 

Dengan perangkat yang awalnya dirancang untuk memantau gunung berapi, yaitu mikrobarometer, Daniel Bowman dan rekan-rekannya mampu mendeteksi suara frekuensi rendah. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm