Ilustrasi ekonomi dunia.
Ilustrasi ekonomi dunia. ( SHUTTERSTOCK)

Pemimpin Keuangan Negara G7 Peringatkan Ketidakpastian Ekonomi Global Makin Kuat, Ini Pemicunya

15 Mei 2023 17:53 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri keuangan dan bank sentral negara-negara yang tergabung dalam Group of Seven atau G7 menyatakan, ketidakpastian ekonomi global semakin meningkat. Pernyataan ini merupakan hasil dari pertemuan selama tiga hari para pemimpin keuangan negara G7.

Buntunya pembahasan peningkatan batas atas utang atau debt ceiling Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu alasan utama G7 menilai ketidakpastian global masih berlanjut.

Pertemuan yang digelar di Niigata, Jepang, dibayang-bayangi oleh kekhawatiran terhadap kondisi perekonomian AS, yang diyakini menimbulkan efek rembetan ke negara lain.

Selain itu, dampak dari konflik Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan juga menjadi sorotan G7. Tingkat inflasi tinggi masih dirasakan oleh sejumlah negara, meskipun bank sentral telah agresif mengerek suku bunga acuannya.

"Kita harus tetap waspada dan tetap gesit serta fleksibel dalam kebijakan ekonomi makro kita di tengah meningkatnya ketidakpastian tentang prospek ekonomi global," tulis para pemimpin keuangan G7, dalam keterangan resmi, dikutip dari CNBC, Senin (15/5/2023).

Namun demikian, dalam pernyataan resmi itu tidak disinggung pembahasan peningkatan debt ceiling AS yang belum menemukan titik terang. Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengakui, pembahasan terkait isu tersebut menjadi sangat sulit, namun Ia masih berarap adanya resolusi.

Sementara itu, Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki menyebutkan, isu terkait debt ceiling di AS sebenarnya dibahas sesi makan malam Kamis (11/5/2023). Akan tetapi, iaa enggan memberikan penjelasan detail terkait pembahasan itu.

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt bilang, apabila pemerintah AS gagal mencapai kesepakatan untuk mengerek batas atas utangnya akan menjadi sangat mengecewakan. Pasalnya, hal itu akan berdampak terhadap perekonomian AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemimpin Keuangan Negara G7 Peringatkan Ketidakpastian Ekonomi Global Makin Kuat, Ini Pemicunya", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/15/073421426/pemimpin-keuangan-negara-g7-peringatkan-ketidakpastian-ekonomi-global-makin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm