Ilustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum.(SHUTTERSHOCK/Carlos Aranguiz)
Ilustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum.(SHUTTERSHOCK/Carlos Aranguiz) ( KOMPAS.COM)

Cara Ampuh Mengusir Tikus dan Curut di Rumah supaya Tidak Balik Lagi

15 Mei 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Tikus dan curut adalah hewan yang sangat menganggu dan berbahaya apabila populasinya banyak ditemui di rumah. 

Selain bisa membuat rumah tampak kotor dan jorok, keberadaan tikus juga bisa merusak sejumlah barang dan bisa menyebarkan penyakit. 

Tikus bisa menggigit perabotan rumah, memakan bahan makanan yang disimpan di lemari, dan juga memutus kabel instalasi listrik. 

Maka dari itu, membasmi hewan pengerat ini agar rumah bebas hama harus segera dilakukan. 

Bahaya tikus bagi kesehatan

Sekilas antara tikus dan celurut memiliki tampilan yang hampir sama. Tikus memiliki kepala lebih bulat sementara celurut lebih panjang dan lancip.

Menurut Pusat Control dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), tikus dan celurut yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit bagi manusia.

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan tikus di antaranya leptospirosis, cacar monyet, demam gigitan tikus, salmonellosis, hantavirus, dan tifus. 

Cara mengusir tikus dan celurut dari rumah

Setelah mengetahui bahaya tikus bagi kesehatan, berikut cara ampuh mengusir tikus dan celurut dari rumah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm