Ilustrasi hotteok atau pancake korea.
Ilustrasi hotteok atau pancake korea. ( SHUTTERSTOCK/tyasindayanti)

Berasal Dari Eropa Berikut 3 Perbedaan Hotteok dan Pancake

17 Mei 2023 15:34 WIB

SonoraBnagka.id -  Pancake berasal dari Eropa, dibuat dari campuran tepung, telur, susu, hingga kuning telur. Mirip dengan pancake, ada makanan bernama hotteok yang populer di Korea Selatan. Hotteok juga dikenal dengan sebutan pancake korea. Meski sama-sama pancake, ada perbedaan antara pancake ala Barat dan hotteok dari Korea, seperti dijelaskan Yanty Indrawaty, HR gerai makanan korea Moekbang berikut ini.

1. Ukuran hotteok lebih tebal

Pancake dan hotteok sama-sama berbentuk bulat, tetapi ketebalannya berbeda. Pancake eropa lebih tipis dibandingkan dengan hotteok.  Adonan hotteok menggunakan ragi, sementara pancake umumnya hanya memakai baking powder.

2. Tekstur hotteok terasa kenyal

Kedua panekuk ini bertekstur lembut, khususnya pancake ala Barat yang terasa lembut di bagian luar dan dalam. Sementara itu, hotteok memiliki tekstur renyah di bagian luar serta lembut dan kenyal di bagian dalamnya. "Pancake korea ini lebih berasa chewy karena ada proses grill-nya, ada crunchy di permukannya. Beda dengan pancake biasa yang lembut saja," jelas Yanty saat ditemui Kompas.com, Senin (15/5/2023).

3. Isian pancake

Pancake dari Eropa biasa disajikan dengan topping tanpa isian, berbeda dengan hotteok yang memiliki isian. Isian hotteok beragam, mulai dari gurih hingga manis, seperti kacang, gula merah, kayu manis, hingga cokelat. Isian hotteok juga memengaruhi ukurannya yang lebih besar daripada pancake biasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Hotteok dan Pancake, Kue Dadar dari Korea dan Eropa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/17/080400075/3-beda-hotteok-dan-pancake-kue-dadar-dari-korea-dan-eropa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm