Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny)
Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

PLN Kembali Melakukan Sosialisasi Motor Konversi di PEVS 2023

20 Mei 2023 20:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, tidak hanya kendaraan listrik baru saja yang dipamerkan. Namun, beragam motor konversi juga dipamerkan.

Salah satunya ada di booth Perusahaan Listrik Negara (PLN). Beragam model motor bensin yang dikonversi menjadi motor listrik dipamerkan di sini.

Terlihat motor bensin yang dikonversi, mulai motor bebek, motor sport, skuter, bahkan hingga motor trail. Ada yang merupakan hasil modifikasi, tapi kebanyakan di antaranya benar-benar cuma mengganti bagian dapur pacunya saja.

Beberapa motor hasil konversi yang dipajang, seperti Benelli Patagonian Eagle 250, Honda C70, Kawasaki KLX 150, Vespa PX 150, dan motor custom bergaya chopper.

"Kebetulan, ada beberapa motor yang kerjasama dengan teman-teman dari Elders Garage dan P3TEK untuk menggarapnya bersama di bengkel kita," ujar Vebrian Anjar, perwakilan dari PLN, kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Kita hanya mensosialisasikan bahwa motor konversi itu sudah legal, sudah ada standarnya," kata Anjar.

Deretan motor tersebut tidak dijual, karena merupakan hasil riset yang dilakukan oleh PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis), bersama dengan rekan-rekan bengkel.

Jika untuk bisnisnya, menurut Anjar, kembali lagi ke bengkel-bengkel yang sudah mengajukan sertifikasi untuk konversi.

Berikut daftar bengkel konversi sepeda motor bersertifikat yang ada di Indonesia:

1. Litbang ESDM, Bogor, Jawa Barat

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm