Salah satu cara mengurangi kolesterol adalah dengan menjaga makanan. Hindari makanan dengan lemak tinggi.
Salah satu cara mengurangi kolesterol adalah dengan menjaga makanan. Hindari makanan dengan lemak tinggi. ( SHUTTERSTOCK/ZahyMaulana)

Hindari Makanan Berlemak, Berikut 3 Cara Mengurangi Kolesterol

22 Mei 2023 14:38 WIB

SonoraBangka.id -  Hiperkolesterolemia merupakan sebutan untuk kondisi koleseterol berlebih dalam darah. Kadar kolesterol normal berada di bawah angka 200 miligram per desiliter. Kamu bisa mengeceknya rutin ke dokter. "Walaupun merasa sehat, berat badan ideal, penting untuk cek rutin kolesterol paling tidak setahun sekali," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K, CBCFF. Bila sudah berada dalam kondisi kolesterol tinggi, tidak perlu khawatir. Ada tiga tips menurunkan kolesterol yang disarankan Putri berikut ini.

1. Hindari makanan berlemak

Putri menyarankan untuk menjaga porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kolesterol. Ketahui jenis kolesterol dan jumlah lemak yang terkandung dalam bahan makanan sebelum mengolahnya. Persentase konsumsi lemak yang disarankan adalah 20 hingga 25 persen dari total makanan/ "Biasanya kalau dari bahan makanan sumber, takaran lemak itu satu ruas jari. Jadi, jangan makan keju terlalu banyak, minyak cukup satu sendok teh untuk olesan atau disemprot," jelasnya saat ditemui Kompas.com usai acara Halal Bihalal dan Health Talkshow Nutrive Benecol, Selasa (16/5/2023). Bahan makanan sumber protein, baik hewani maupun hewani, sebaiknya dikurangi bagian lemak, seperti kulitnya, sebelum dimasak dan dikonsumsi. 

2. Atur olahraga yang cukup

Porsi makan harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup untuk menurunkan kolesterol. Tak perlu olahraga berat, Putri menyarankan untuk berjalan kaki selama 30 menit per hari atau usai bekerja agar kadar kolesterolnya terjaga dan tidak menumpuk di pembuluh darah.

3. Konsumsi bahan pangan fungsional 

Terakhir, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menurunkan kolesterol bila dua cara sebelumnya tidak efektif. "Dokter biasanya memberikan saran konsumsi bahan pangan fungsional yang mengandung plant stanol ester," jelas Putri. Sebetulnya, kandungan ini terdapat di banyak banyak buah, kacang-kacangan, sayur, dan oats, tetapi pasien harus tahu seberapa banyak makanan yang harus dikonsumsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Kurangi Kolesterol Menurut Dokter, Hindari Makanan Berlemak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/21/170600975/3-cara-kurangi-kolesterol-menurut-dokter-hindari-makanan-berlemak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm