Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU(Kompas.com/Donny)
Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Pemerintah Siapkan Regulasi Penyeragaman Jenis Konektor Charger Mobil Listrik

23 Mei 2023 18:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Guna mempercepat program elektrifikasi nasional, pemerintah berencana melakukan penyeragaman jenis konektor cas yang digunakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) yang dipasarkan di Indonesia.

Regulasi tersebut diharapkan mampu mempermudah konsumen di kedepannya dan akan diterapkan untuk semua KLBB, baik itu motor atau mobil listrik.

Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan menjelaskan, ada cukup banyak jenis charger yang bisa ditemukan di kendaraan listrik. Oleh karenanya, butuh penyeragaman supaya penggunaanya mudah.

“Charger mobil kan banyak sekali, karena memang standar di luar berbeda beda. China punya standar sendiri, AS punya sendiri, eropa juga. Kalau tidak diseragamkan (di Indonesia) bisa bikin bingung konsumen,” ujarnya kepada Kompas.com (Minggu 21/5/2023).

Selain bisa membantu masyarakat, penyeragaman cas mobil listrik juga akan membantu pemerintah dalam penerapan stasiun pengisian kendaraan umum (SPKLU).

“Kalau tipenya sama (cas mobil listrik), nanti konsumen enggak perlu bingung saat hendak mengecas, karena sudah didukung semua SPKLU,” ucapnya.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, penyeragaman cas mobil listrik bisa dianggap sebagai satu langkah standarisasi.

“kami (kemenhub) sudah mendiskusikan soal ini. Mungkin akan dijadikan agenda untuk nanti,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan tiga tipe cas SPKLU untuk KLBB. Ketiganya yaitu tipe 2 AC Charging, DC Charging CHAdeMo, dan DC Charging Combo Type CCS2.

Menimbang adanya potensi penyeragaman cas yang akan diterapkan, tidak menutup kemungkinan kalau kedepannya cuma satu tipe charging connector saja yang akan digunakan mobil listrik di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siapkan Regulasi Penyeragaman Konektor Charger Mobil Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/23/120200115/pemerintah-siapkan-regulasi-penyeragaman-konektor-charger-mobil-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm