Ilustrasi pasta gigi
Ilustrasi pasta gigi ( freepik.com)

Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

25 Mei 2023 16:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Gigi berlubang adalah kondisi kerusakan pada gigi yang disebabkan karena lapisan enamel terkikis.

Ketika mengalami kondisi ini, berbagai perawatan pun harus dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah. Mulai dari menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi untuk gigi berlubang hingga perawatan rutin di dokter gigi.

Ya, perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung formula khusus untuk gigi berlubang.

Jenis pasta gigi ini bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya komplikasi yang disebabkan karena gigi berlubang. Produk pasta gigi ini juga menawarkan perlindungan ekstra terhadap enamel gigi.

Nah, jika kamu masih memilah pasta gigi yang recommended untuk masalah gigi berlubang, berikut beberapa tips memilih pasta gigi untuk membantu mengatasi masalah gigi berlubang.

Kriteria Pasta Gigi Terbaik Untuk Gigi Berlubang

1.     Mengandung Fluoride

Tips pertama yang bisa kamu terapkan adalah pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Fluoride merupakan salah satu bahan yang mampu mengatasi gigi berlubang. Sebab bahan ini bermanfaat untuk mengganti mineral yang terkikis pada bagian enamel.

Bukan hanya itu saja, fluoride juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi termasuk gigi berlubang. Cara kerjanya dengan membuat enamel menjadi lebih kuat sehingga tidak mengalami kerusakan yang disebabkan karena asam. Yang mana asam mampu memicu terjadinya proses remineralisasi yang akan membuat lubang-lubang mikro mulai terbentuk kembali.

2.     Mengandung Ekstrak Licorice

Selain fluoride, ekstrak licorice juga menjadi salah satu bahan penting yang harus terdapat pada pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Pasalnya, ekstrak licorice memiliki sifat antibakteri. Sifat tersebut cukup efektif untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Bukan hanya itu saja, produk pasta gigi dengan kandungan ekstrak licorice juga efektif untuk membantu mengurangi tingkat keparahan pada gigi berlubang yang dialami. Namun sayangnya, manfaat ekstrak licorice untuk membantu mencegah gigi berlubang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3.     Mengandung Kalium Nitrat

Gigi sensitif adalah salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita gigi berlubang. Jika merasakan keluhan ini dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang memang dikhususkan untuk gigi berlubang. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan pasta gigi dengan kandungan kalium nitrat atau stannous fluoride.

Kedua bahan tersebut terbilang cukup efektif untuk membantu meredakan nyeri yang disebabkan karena gigi sensitif. Cara kerja dari kalium nitrat dan stannous fluoride adalah dengan melapisi enamel gigi. Jadi rasa nyeri tidak akan langsung sampai ke saraf gigi.

4.     Hindari Bahan Pemicu Alergi dan Iritasi

Tanpa disadari ternyata pasta gigi juga bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada seseorang. Kondisi semacam ini umumnya terjadi karena penderita menggunakan pasta gigi dengan kandungan minyak atsiri seperti kayu manis atau peppermint. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memilih pasta gigi yang tidak memicu terjadinya alergi dan iritasi.

5.     Sudah Terdaftar BPOM

Selain beberapa hal di atas, pastikan juga bahwa pasta gigi tersebut sudah terdaftar di BPOM. Tujuannya yakni untuk mengetahui apakah pasta gigi sudah teruji aman dan efektif. Sedangkan untuk si kecil kamu bisa memberi pasta gigi untuk anak-anak dengan kandungan fluoride.

Itu dia beberapa tips memilih pasta gigi yang efektif untuk membantu mengatasi masalah gigi berlubang. Agar kesehatan gigi tetap terjaga pastikan rutin sikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang seperti Pepsodent. Selain itu penting untuk melakukan pemeriksaan gigi setidaknya dua kali dalam satu tahun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm