Fabio Quartararo (kiri) dan Francesco Bagnaia (kanan) akan memperebutkan gelar juara dunia saat bersaing pada balapan MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022) mulai pukul 20.00 WIB. Di artikel ini tersaji link live streaming MotoGP Valencia 2022.(AFP/JAVIER SORIANO)
Fabio Quartararo (kiri) dan Francesco Bagnaia (kanan) akan memperebutkan gelar juara dunia saat bersaing pada balapan MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022) mulai pukul 20.00 WIB. Di artikel ini tersaji link live streaming MotoGP Valencia 2022.(AFP/JAVIER SORIANO) ( KOMPAS.COM)

MotoGP Makin Mirip F1, Faktor Motor Dominan Daripada Pebalap

25 Mei 2023 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepala kru Fabio Quartararo di tim pabrikan Yamaha, Diego Gubellini, buka suara mengenai performa Quartararo yang melempem selama lima seri awal MotoGP 2023.

Gubellini yang menemani Quartararo sejak 2019 tersebut mengatakan, saat ini MotoGP jadi semakin mirip balap Formula 1. Teknologi motor yang lebih berpengaruh daripada kemampuan sang pebalap di atas trek.

"Saya tidak menyukai situasi ini," kata Gubellini dilansir dari Motorsport-Total.com, Rabu (25/5/2023).

"Kami telah mencapai titik (di MotoGP) di mana motor membuat perbedaan dan pebalap semakin berkurang. Jika Anda memulai lebih jauh ke belakang maka tidak ada margin untuk mengejar ketinggalan seperti beberapa tahun lalu," ujar dia.

Gubelini mengatakan, walau sang pebalap punya kecepatan yang baik tetap sulit merangsek ke depan jika start dari posisi belakang. Hal ini berbeda dengan MotoGP zaman dulu yang membuat tontonan lebih menarik.

Menurut Gubelini, saat ini posisi setelah fase start menjadi krusial untuk balapan karena pebalap saat ini lebih sulit menyalip motor di depannya.

"Bahkan jika Anda memiliki kecepatan terbaik, tetapi Anda hanya memulai di urutan ke-15, maka jaraknya terlalu kecil," kata Gubellini.

Gubelini bahkan berpendapat, saat ini tes latihan bebas pada hari Jumat bisa dijadikan acuan siapa yang punya peluang menang di balapan utama hari Minggu.

Kemudian kalau pebalap hanya dapat kualifikasi Q2 dan tidak tembus ke Q1, bahkan dengan motor yang prima dan kecepatan yang bagus selama balapan hampir tidak ada peluang untuk naik podium.

"Sekarang sebuah merek (Ducati) telah memimpin di MotoGP modern. Ini seperti Formula 1. Saat Anda berada di mobil terbaik, Anda bisa bertarung untuk gelar juara dunia," ujar Gubellini.

"Pebalap sekarang tidak bisa membuat banyak perbedaan dibanding beberapa tahun lalu. Itu sebabnya pebalap seperti Marc Marquez dan Fabio lebih sulit dibanding beberapa tahun lalu. Di Ducati, saya melihat semua orang cepat," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MotoGP Makin Mirip F1, Faktor Motor Dominan Ketimbang Pebalap ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/104200815/motogp-makin-mirip-f1-faktor-motor-dominan-ketimbang-pebalap-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm