Ilustrasi ujian SIM(Dok. NTMC Polri)
Ilustrasi ujian SIM(Dok. NTMC Polri) ( KOMPAS.COM)

Bocoran Teknik untuk Ujian Praktik SIM C, Latihan Dulu Sebelum Ujian

28 Mei 2023 18:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Video viral seorang ibu-ibu protes kepada polisi saat proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C sebab praktik ujian SIM menggunakan motor manual bukan menggunakan motor matik.

Dalam video yang diunggah akun TikTok birulangit153, kejadian tersebut terjadi Pekanbaru, Riau, belum lama ini, sang ibu marah sebab anaknya yang ikut praktik uji SIM cuma bisa membawa motor transmisi otomatis.

Sebelumnya, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan, ujian praktik SIM C dimaksudkan supaya calon pemilik SIM memahami aturan berlalu lintas.

"Ujian praktik itu uji kompetensi bagi calon pemilik SIM supaya dia berkeselamatan di jalan. Karena bukan dirinya saja yang jadi selamat, tetapi orang lain juga," ujar Yusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Materi ujian praktik SIM C sebetulnya bukan hal yang ditutupi. Buat pemohon SIM C bisa mempelajari sehingga bisa belajar terlebih dahulu.

Materi ujian praktik SIM C, meliputi:

1. Uji pengereman/keseimbangan

Peserta akan diminta melaju dengan kecepatan 30 km/jam hingga mencapai garis stop. Peserta dinyatakan gagal, jika: Kecepatan kurang dari 30 km/jam, kaki turun di tanah sebelum finish, keluar jalur pada saat pengereman melewati/tidak sampai garis/kota finish

2. Uji slalom (zigzag)

Peserta diminta untuk mengendarai motor dengan berkelok-kelok di antara patok yang telah disediakan. Peserta dinyatakan gagal, jika: Kaki turun di tanah menjatuhkan patok menyentuh patok

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm