Asap knalpot yang disebabkan oleh kerusakan pada injektor berwarna putih pekat(Tangkapan layar)
Asap knalpot yang disebabkan oleh kerusakan pada injektor berwarna putih pekat(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Asap Knalpot Diesel Warna Putih, Solusinya Tidak Harus Turun Mesin

28 Mei 2023 18:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Asap knalpot berwarna putih identik dengan masalah pelumasan pada dapur pacu. Oli yang bersirkulasi ikut terbakar karena adanya masalah pada mesin.

Salah satu solusi yang ditawarkan biasanya adalah turun mesin. Pasalnya, ada kondisi oli masuk ke ruang bakar disebabkan oleh rusaknya ring piston, atau terjadi ketidakpresisian komponen.

Solusi tersebut tidak mutlak benar, pasalnya ada kondisi lain yang menyebabkan asap knalpot mesin diesel berwarna putih.

Esa Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel mengatakan asap knalpot mesin diesel berwarna putih tidak selalu disebabkan oleh ring piston, jadi solusinya tidak melulu turun mesin.

“Bahkan yang lebih sering dijumpai masalahnya adalah dari injektor, knalpot keluar asap putih pekat, baik digas atau stasioner,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan, injektor yang bermasalah baik itu bocor, pampat atau ada solar yang terlalu kotor pasti akan menghasilkan asap knalpot berwarna putih pekat.

Hal itu dampak dari pembakaran yang tidak sempurna. Solar tidak terkonversi baik menjadi tenaga, sehingga sisa asap pembakaran masih terlalu gemuk.

“Bahkan bisa sampai membuat kaca belakang mobil basah solar yang keluar bersama asap knalpot, itu solarnya masih utuh,” ucap Esa.

Menurut Esa pembakaran yang sempurna pada mesin diesel dipengaruhi oleh kompresi, pengabutan solar. Kalau kedua elemen tersebut bisa dijaga sempurna maka hasilnya akan optimal.

“Sudut pengabutan solar oleh injektor itu juga harus sesuai, sehingga ada masalah sedikit saja akan berpengaruh pada pembakaran yang tidak sempurna, ingat mesin diesel tidak membutuhkan pengapian, tapi kuncinya di penginjeksian BBM,” ucap Esa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asap Knalpot Diesel Putih, Solusinya Tidak Harus Turun Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/28/114100915/asap-knalpot-diesel-putih-solusinya-tidak-harus-turun-mesin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm