Jok motor Honda ADV 160(Foto: MBtech)
Jok motor Honda ADV 160(Foto: MBtech) ( KOMPAS.COM)

Apa Benar Lotion Bisa Mencegah Jok Motor dari Cakaran Kucing?

28 Mei 2023 18:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jok motor agar tidak dicakar kucing. Kabarnya salah satu solusinya bisa menggunakan lotion. Namun benarkah cara itu bisa dipakai untuk mencegah jok motor dari cakaran kucing?

Nurul Hafsari, dokter hewan dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan, hingga saat ini cara tersebut belum dapat dipastikan efektif atau tidak.

“Saya belum tahu kalau lotion bisa mencegah kucing mencakar jok motor. Tapi kalau tujuannya untuk membuat jok motor licin mungkin bisa. Kucing tidak menyukai tekstur licin untuk di cakar,” ujar Nurul kepada Kompas.com (27/5/2023).

Menurutnya, penggunaan lotion dapat membuat jok motor jadi lebih licin, yang membuat kucing tidak menyukai jok tersebut.

Selain itu, bisa saja terdapat komposisi bahan yang membuat kucing tidak menyukai lotion tersebut.

Singkatnya, lotion ini bakal mempunyai sifat seperti cairan semprotan anti-kucing yang banyak dijual di pasaran.

Produk tersebut mengandung bahan yang tidak disukai kucing, sehingga kucing akan menghindari objek yang telah disemprot. Tapi, penggunaan lotion punya kekurangan, yaitu sifatnya hanya sementara.

“Hal itu karena lotion akan menguap atau mengering. Maka, pemilik motor harus mengoleskan lotion berulang pada jok motornya,” ucap Nurul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Lotion Bisa Mencegah Jok Motor dari Cakaran Kucing?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/28/124100615/benarkah-lotion-bisa-mencegah-jok-motor-dari-cakaran-kucing-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm