Cara mencuci sayuran hijau bisa menggunakan soda kue. Cukup rendam sebentar, lalu bilas dan tiriskan.
Cara mencuci sayuran hijau bisa menggunakan soda kue. Cukup rendam sebentar, lalu bilas dan tiriskan. ( SHUTTERSTOCK/Fattyplace)

Pakai Soda Kue, Berikut Cara Cuci Sayuran Hijau Agar Bebas Pestisida

28 Mei 2023 20:34 WIB

SonoraBangka.id - Sayuran hijau harus dibersihkan menyeluruh untuk menghindari kontaminasi bakteri penyebab penyakit. Mencuci sayuran hijau juga bertujuan untuk menghilangkan kotoran residu dari pestisida yang mungkin terdapat di batang dan daunnya. Simak lima cara membersihkan sayuran hijau agar bebas pestisida berikut ini.

1. Pastikan tangan sudah bersih

Jangan sampai tangan untuk mencuci sayuran dalam keadaan kotor. Bukan bersih, kotoran bisa jadi berpindah tempat ke sayuran. Cuci tangan terlebih dulu untuk sebelum memegang sayuran hijau agar pembersihannya lebih maksimal.

2. Bilas sayuran hijau di bawah air mengalir

Ambil sayuran dan arahkan ke bawah kran. Bilas sayuran di bawah air mengalir selama 15 hingga 20 detik. Cara lainnya, kamu bisa merendam sayuran hijau dalam air dingin selama beberapa menit untuk menghilangkan kotoran. 

3. Keringkan sayuran dengan tisu

Boleh menggunakan tisu maupun lap bersih, letakkan sayuran hijau yang sudah dicuci di atas alas ini. Biarkan sayuran ditiriskan hingga bersih dan kering, tetapi tetap dalam kondisi segar saat akan diolah dan dikonsumsi.

4. Tidak perlu memotong sayuran

Bersihkan sayuran hijau dengan langkah-langkah di atas tanpa memotong atau mengirisnya. Sebab, memotong sayuran bisa membuat bakteri di permukaan sayur masuk ke dalam seluruh bagiannya. 

5. Cuci sayuran hijau dengan soda kue

Alternatif mencuci sayuran hijau yang satu ini boleh dicoba. Kamu memerlukan soda kue sebagai bahan utamanya. Siapkan mangkuk besar berisi air, masukkan satu sendok teh soda kue, lalu rendam sayuran hijau sebentar dan segera bilas, tiriskan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Cuci Sayuran Hijau agar Bebas Pestisida, Bisa Pakai Soda Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/27/190400975/5-cara-cuci-sayuran-hijau-agar-bebas-pestisida-bisa-pakai-soda-kue.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm