Ilustrasi baking soda
Ilustrasi baking soda ( Pixabay/Monfocus)

Selain Untuk Pengembang Kue, Berikut Ini 8 Fungsi Baking soda

28 Mei 2023 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Fungsi utama baking soda adalah pengembang kue. Biasanya, digunakan dalam banyak kue panggang. Lebih dari itu, baking soda bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih dapur. Mulai dari peralatan masak hingga alat cuci. Dilansir dari All Recipes, natrium bikarbonat ini dianggap sebagai bahan pembersih yang ramah lingkungan dan terjangkau. Kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan aneka peralatan dapur berikut ini.

1. Menghilangkan bau talenan pakai baking soda

Aroma menyengat dari beragam bahan makanan bisa jadi terasa di talenan, di samping perubahan warnanya akibat kotoran. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau talenan dengan mengoleskan bahan bubuk ini ke permukaan, lalu bilas hingga bersih. 

2. Membersihkan noda dari panci dan wajan

Taburkan baking soda pada panci atau wajan yang memiliki noda berkerak. Campur dengan air cuka mendidih, biarkan selama 30 menit. Setelah itu, ambil spons dan gosok perlahan hingga noda terangkat. Ulangi proses ini sampai panci atau wajannya bersih. 

3. Mengurangi bau di kulkas dan freezer 

Baking soda tidak memiliki bau menyengat, tetapi bahan ini mampu menghilangkan aroma campuran yang ada di kulkas atau freezer. Tempatkan baking soda di wadah kecil, biarkan wadah tersebut berada di kulkas selama berbulan-bulan untuk mengurangi bau menyengat. 

 4. Membersihkan oven

Campur baking soda dan cuka putih hingga membentuk pasta. Kemduain, oleskan ke semua sisi oven, terutama bagian paling kotor. Biarkan selama beberapa menit, lalu gososk dengan spons atau kain bersih hingga noda membandel terangkat. 

5. Membersihkan microwave dengan baking soda

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm