Ilustrasi virus marburg, gejala virus marburg, asal usu virus marburg, virus marburg di Indonesia, virus marburg pandemi, penularan virus marburg, cara mencegah virus marburg. (Shutterstock/Mauro Rodrigues)
Ilustrasi virus marburg, gejala virus marburg, asal usu virus marburg, virus marburg di Indonesia, virus marburg pandemi, penularan virus marburg, cara mencegah virus marburg. (Shutterstock/Mauro Rodrigues) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Disease X, Penyakit yang Dikhawatirkan WHO Berpotensi Jadi Pandemi Baru

28 Mei 2023 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa hari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akhir dari darurat kesehatan global pandemi Covid-19, kini muncul kekhawatiran baru akan adanya Disease X.

Bahkan, WHO menyebut Disease X berpotensi menjadi pandemi berikutnya.

"Ancaman munculnya varian lain yang menyebabkan gelombang baru penyakit dan kematian tetap ada, dan ancaman munculnya patogen lain dengan potensi yang lebih mematikan tetap ada," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam Majelis Kesehatan Dunia ke-76 di Jenewa, Swiss, Senin (22/5/2023).

"Perencanaan dan kesiapsiagaan sangat penting untuk melawan wabah apa pun di masa depan dengan dampak yang menghancurkan," sambungnya.

Apa itu Disease X?

Disease X mewakili pengetahuan bahwa epidemi internasional yang serius dapat disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui menyebabkan penyakit pada manusia, dikutip dari NDTV.

WHO sendiri menggunakan istilah Disease X untuk penyakit yang tidak diketahui pada 2018.

Setahun kemudian, Covid-19 muncul sebagai virus penyebab pandemi.

Istilah tersebut telah menjadi sorotan dunia, dengan banyak ahli mengeklaim bahwa Disease X berikutnya akan bersifat zoonosis, seperti Ebola dan Covid-19.

Beberapa ahli lain menyebut Disease X sebagai patogen yang bisa dibuat oleh manusia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm