Tuas kecil pada kaca spion kabin atau tengah mobil(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Tuas kecil pada kaca spion kabin atau tengah mobil(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Jangan Remehkan Peran dari Tuas Kecil pada Spion Tengah Mobil

29 Mei 2023 20:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pemilik mobil baru, mungkin tak sedikit yang menyadari fungsi dari tuas kecil pada kaca spion tengah atau yang kerap disebut sebagai spion kabin, khususnya untuk yang model konvensional.

Bahkan tak jarang tuas kecil pada bagian bawah spion kabin tersebut dianggap cuma sekadar aksesori, tanpa menyadari fungsi sebenarnya yang berguna dalam menunjang kenyamanan berkendara.

Pada dasarnya, kaca spion tengah atau kabin memiliki kegunaan yang sama dengan spion yang berada bagian luar baik bagian kiri atau kanan. Hanya saja soal objek, memang fokus pada area belakang mobil.

Terkait soal tuas kecil pada bagian bawahnya, memiliki peran tak hanya sebagai setelan saja, namun bisa sangat membantu ketika sedang berkendara di malam hari.

Fungsinya untuk menghalau pancaran sinar lampu dari mobil belakang ketika cukup menyilaukan, seperti saat menggunakan lampu jauh atau high beam.

Dengan menekan tuas tersebut, otomatis posisi spion kabin akan berubah dan bisa membiaskan cahaya yang masuk ke dalam kabin sehingga tak terlalu silau.

"Kadang suka ada mobil di belakang yang gemar memainkan lampu jauh atau high beam. Bila posisinya berada tepat di belakang akan sangat silau sekali ketika terkena pantulan cahayanya dari sinar yang terbias dari kaca spion tengah itu," kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka beberapa waktu lalu.

Menurut Suparna, dengan cahaya lampu jauh dari mobil belakang yang sudah dibiaskan, maka intensitas sinar yang masuk ke kabin akan direduksi sehingga membuat visual pengendara tak lagi terganggu.

Seperti diketahui, banyak pengendara di malam hari yang menggunakan lampu jauh tanpa menyadari efek buruk bagi pengguna mobil di depannya.

Karena kalau sampai terlalu silau, akan sangat berbahaya lantaran membuat visibilitas menjadi kacau dan mengganggu konsentrasi.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

Suparna mengatakan, tuas kecil pada spion tengah mobil atau kabin memang tergolong konvensional. Untuk mobil modern umumnya kaca spion tengah sudah mengusung fitur auto dimming.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Remehkan Peran Tuas Kecil pada Spion Tengah Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/29/123100515/jangan-remehkan-peran-tuas-kecil-pada-spion-tengah-mobil.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm