Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga saat Media Gathering di Kantor BPS, Rabu (31/5/2023).
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga saat Media Gathering di Kantor BPS, Rabu (31/5/2023). ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Sensus Pertanian 2023, Bakal Sasar Petani Milenial dan Urban Farming di Bangka Belitung

31 Mei 2023 16:36 WIB

SonoraBangka.id - Badan Pusat Statistik ( BPS) Provinsi Bangka Belitung menggelar Sensus Pertanian 2023 yang akan menyasar pelaku usaha skala besar hingga perorangan.

Bahkan juga akan menyasar Petani Milenial, untuk mengetahui kelompok usia yang ikut serta dalam sektor pertanian.

Sehingga diharapkan dari data sensus ini akan menghasilkan data petani milenial, urban farming (bercocok tanam di lingkungan rumah perkotaan), modernisasi pertanian dan pendapatan pertanian.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Provinsi Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga saat Media Gathering di Kantor BPS, Rabu (31/5/2023).

Penting mengetahui secara detil petani yang berkecimpung saat ini, agar kebijakan yang diambil pemerintah tepat sasaran.

"Petani milenial itu, dari Bangka Tengah hanya ada 4 petani yang tertulis di KTP, umurnya dibawah 40 tahun, itulah petani milenial. Isu itu harus ditangkap, dilihat dari struktur umur, pentingnya sensus ini kita bisa mengetahui kebijakan apa yang tepat untuk petanipetani ini," ujar Toto saat Talkshow berlangsung.

Tak hanya soal kelompok usia, pendataan perlu juga mengetahui teknologi yang digunakan oleh petani saat ini.

"Kita juga harus mengetahui berapa sih kebutuhan pupuk yang diperlukan. Ini penting agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk. Nanti akan banyak yang ditanyakan kepada petani dalam pendataan," katanya.

Untuk menyukseskan sensus pertanian, selain menyiapkan sumberdaya manusia yang sudah direkrut, peran media massa untuk dapat memberi informasi kepada masyarakat soal adanya sensus ini. 

"Melalui media, bisa disosialisasikan bahwa ada sensus ini, sehingga terjalin berbagai kerjasama antar stakeholder dalam hal untuk menyukseskan sensus penduduk ini," katanya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Sensus Pertanian 2023, Bakal Sasar Petani Milenial dan Urban Farming di Bangka Belitung, https://bangka.tribunnews.com/2023/05/31/sensus-pertanian-2023-bakal-sasar-petani-milenial-dan-urban-farming-di-bangka-belitung.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm