ilustrasi bubur sumsum.
ilustrasi bubur sumsum. ( shutterstock/Siti Mutmainah)

Aduk Pakai Sumpit, Berikut 6 Cara Buat Bubur Sum-Sum Agar Tak Gumpal

31 Mei 2023 16:46 WIB

 

SonoraBangka.id - Bubur sumsum biasanya dijual dengan kuah gula merah yang manis legit. Tekstur dari bubur sumsum yang enak biasa lembut dan tidak menggumpal. Cara membuat bubur sumsum yang lembut terbilang mudah, hanya saja perlu menambahkan sedikit bahan dan takaran bahan yang tepat. Ada kunci membuat bubur sumsum lembut yang bisa diikuti oleh pemula, salah satunya dengan menggunakan sumpit saat mengaduknya. Selengkapnya, simak tips memasak bubur sumsum berikut ini.

1. Lakukan penyakan tepung beras

Dilansir dari laman Kompas.com pada Rabu (21/12/2022), Sabrina Santoso, pemilik Pisang Ijo Cendana menyarankan untuk mengayak tepung beras dulu. Tepung beras menjadi salah satu bahan utama membuat bubur sumsum. Ayak dulu tepung beras agar tidak ada adonan bubur yang menggumpal. Pastikan kamu mengayak tepung dengan cara yang benar dan berulang agar tepung halus.

2. Lakukan pengadukkan terus-menerus

Pada saat tepung beras dimasak dengan santan, lakukan pengadukkan tanpa henti agar teksturnya tidak menggumpal. Aduk adonan dari awal memasak hingga matang. Matikan api kompor dan hentikan proses aduk, saat bubur sumsum mendidih.

3. Gunakan tepung beras kualitas bagus

Ditambahkan dari buku “Homemade Snacks & Desserts ala Xander's Kitchen (SC)” (2020) oleh Junita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, penggunaan tepung beras harus bagus agar tidak adanya bau apek.

4. Gunakan sumpit

Dilansir dari buku “Cooking With Love ala Dapur Momychaa” (2019) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gunakan sumpit untuk mengaduk adonan agar tidak ada yang bergerindil.

5. Gunakan sedikit tepung sagu

Kamu bisa menggunakan sedikit tepung sagu untuk menghasilkan bubur sumsum dengan tekstur yang mengilap. 6. Masak hingga mendidih Pastikan bubur sumsum dimasak sampai mendidih untuk menghindari rasa mentah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Bubur Sumsum agar Tidak Gumpal, Aduk Pakai Sumpit ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/24/131700975/6-cara-membuat-bubur-sumsum-agar-tidak-gumpal-aduk-pakai-sumpit-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm