PJ GUB BABEL
PJ GUB BABEL ( )

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Bendera Merah Putih Raksasa Bakal Terbentang di Jembatan Emas

1 Juni 2023 06:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung bakal Memperingati Hari Lahir Pancasila dengan gelaran kegiatan pembentangan bendera merah putih raksasa di Jembatan Emas pada 1 Juni 2023.

"Pembentangan bendera dengan ukuran 78x23 meter ini memiliki makna 78 tahun Indonesia merdeka, serta 23 tahun usia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,"ujar Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Senin.

Ia menyebutkan berbeda dari tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung biasanya menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni di Halaman Kantor Gubernur Babel. 

Ia menuturkan pada upacara bendera itu akan bertindak sebagai inspektur, serta diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara/Pegawai Kontrak di Lingkungan Pemprov. Kep. Babel, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Polda Kep. Babel, Lanal Babel, Korem 045/Garuda Jaya, perwakilan dari instansi vertikal ,SMA/SMK, perguruan tinggi, serta organisasi masyarakat. 

Lalu ia berkata jika kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila akan diwarnai dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 78x23 meter oleh ASN/ Pegawai Kontrak Pemprov Babel yang mengenakan pakaian adat melayu. 

Pada kesempatan tersebut, juga akan dilakukan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat secara simbolis, pembacaan puisi, dan diakhiri dengan senam Bedincak. 

Ia mengharapkan masyarakat Babel ikut beramai-ramai mendukung kegiatan tersebut dengan turut hadir memeriahkan perayaan peringatan hari lahirnya Pancasila sebagai Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta.

"Saya berharap masyarakat ikut berpartisipasi. Mari kita ramaikan peringatan Hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang harus kita jaga," ujarnya.

Senada dengan Pj Gubernur Suganda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Babel Sudarman mengungkapkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memperkuat rasa kecintaan terhadap ideologi negara. 

"Hari Lahir Pancasila perlu kita peringati, dan kita perkuat dengan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari, agar kehidupan berbangsa dan bernegara menuju arah yang benar sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia,"ucapnya.

Dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 oleh BPIP RI, tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Hari Lahir Pancasila 2023 juga menggunakan tagline "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia".

Logo Hari Lahir Pancasila 2023 didominasi warna merah dan putih. Selain itu, ada simbol burung Garuda dalam logo harlah Pancasila 2023. Berikut makna logo Hari Lahir Pancasila 2023.

Makna logo Hari Lahir Pancasila 2023:

1. Harlah Pancasila 2023
- "Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global"

2. Ikon Masyarakat Berpegang Tangan 
- Melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia.

3. Tanda Panah ke Atas
- Melambangkan pertumbuhan global

4. Ilustrasi Burung Garuda
- Mempresentasikan simbol negara/Pancasila, semangat Pancasila, semangat juang bangsa Indonesia.

5. Sayap Berjumlah 5 Helai
- Mempresentasikan akan nilai-nilai Pancasila

6. Membentuk Lingkaran
- Mempresentasikan akan Nilai-Nilai Pancasila

7. Simpulan Logo
- Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 merupakan momentum untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia, sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia, dan dunia.


COPYRIGHT © ANTARA 2023
 

SumberANTARA News
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm