Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kemenag Pangkalpinang Gelar Upacara Peringatan
Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kemenag Pangkalpinang Gelar Upacara Peringatan ( Kemenag Pangkalpinang)

Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kemenag Pangkalpinang Gelar Upacara Peringatan

1 Juni 2023 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai Wujud Pelaksanaan dari Surat Edaran Sektetaris Jenderal Kemenag RI Nomor 16 Tahun 2023, Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang Diikuti oleh Para Pegawai Dari Seluruh Satuan Kerja Dibawah Naungannya, Kamis, 01 Juni 2023.

Upacara peringatan yang dilaksanakan dalam suasana khidmat itu tampak mencerminkan kepribadian dan semangat nilai-nilai positif Pancasila yang tertanam dalam diri Insan Kemenag Pangkalpinang, yang walaupun di hari libur nasional, mereka tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., yang pada saat bersamaan juga mengikuti upacara serupa di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Kasubbag Tata Usaha, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. yang bertindak selaku Pembina Upacara dalam amanatnya membacakan pidato Presiden RI, menyebutkan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," sebutnya.

Terakhir beliau pun mengajak mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita.

"Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang. Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara." pungkasnya.

Selain digelar di halaman Kantor, upacara peringatan hari Lahir Pancasila juga digelar di Madrasah-madrasah yang berkedudukan di lingkup Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dalam suasana yang tak kalah khidmatnya. Hal tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang yang termaktub dalam Surat Edaran Nomor. B-1648/KK.29.03.TU/HM.00/05/2023.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm