ilustrasi cobek kayu.
ilustrasi cobek kayu. ( shutterstock/Warih D)

Simak Sebelum Bikin Sambal, Berikut 3 Cara Bersihkan Cobek Kayu

5 Juni 2023 20:30 WIB

SonoraBangka.id - Cobek kayu kerap menjadi pilihan ibu rumah tangga karena lebih praktis dan ringan daripada cobek batu. Cobek jenis ini juga sangat mudah dibersihkan. Jadi, tidak perlu waktu lama dan tenaga ekstra untuk membuatnya kembali bersih. Sama halnya dengan cobek batu, cobek kayu bisa digunakan untuk membuat sambal atau sekedar menghaluskan bahan. Yudiana Lyn, pemilik homLiv Wooden Kitchenware, membagikan tiga cara membersihkan cobek kayu agar bebas kotoran berikut ini. 

1. Cuci pakai sabun

Segera cuci cobek kayu usai digunakan agar kotorannya tidak menempel lama dan lebih mudah dibersihkan. Menurut Yudiana, boleh saja menggunakan sabun pencuci piring biasa untuk membersihkan cobek kayu. Usap sabun menggunakan spon ke seluruh permukaan cobek dan bagian belakangnya hingga bersih.

2. Bilas dengan air mengalir

Tak berbeda dengan mencuci alat masak lain, cobek kayu juga perlu dibilas merata agar bersih dari sabun yang menempel. Arahkan cobek kayu yang sudah dicuci ke kran air, lalu bilas hingga benar-benar bersih.

3. Jangan lupa tiriskan

Ini merupakan bagian terpenting saat membersihkan cobek kayu. Jangan biarkan alat ini basah, segera tiriskan hingga kering. "Cobek kan lumayan tebal, jadi pastikan dibantu dengan lap kering dan ditaruh di tempat terbuka yang ada angin-anginnya," kata Yudiana saat ditemui Kompas.com pada Selasa (30/5/2023). Posisikan cobek kayu dengan tegak agar air dari bagian atas bisa turun dan segera kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bersihkan Cobek Kayu, Simak Sebelum Bikin Sambal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/03/160400775/3-cara-bersihkan-cobek-kayu-simak-sebelum-bikin-sambal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm