Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo saat acara BSI Global Islamic Finance Summit 2023, Rabu (15/2/2023).
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo saat acara BSI Global Islamic Finance Summit 2023, Rabu (15/2/2023). ( YouTube BSI)

Wamen BUMN: Peretasan Data BSI Terjadi di Komputer-komputer Lama

6 Juni 2023 10:42 WIB

SonoraBangka.ID - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau biasa disapa Tiko mengatakan, kebocoran data Bank Syariah Indonesia (BSI) terjadi karena serangan ransomware.

Tiko mengatakan, data yang terkena serangan ransomware terjadi di komputer-komputer lama di kantor cabang BSI.

"Jadi BSI ini memang ada serangan ransomware. Tapi sampai saat ini yang kami ketahui, data yang keretas ini data di level PC (komputer) pekerja. Jadi kami belum melihat, belum dilaporkan mengenai kebocoran data di level core banking," kata Tiko usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

"PC di cabang-cabang itu, komputer kalau di cabang-cabang (komputer) lama kan masih PC-PC lama," sambungnya.

Tiko mengatakan, pihaknya terus melakukan investigasi terkait serangan ransomware tersebut sembari melakukan peremajaan manajemen BSI. Hal ini dengan melakukan penggantian pejabat di sektor keamanan data dan sistem IT.

"Kemarin ada 2 direktur masuk, direktur IT dan direktur risk yang dua-duanya dari (Bank) Mandiri. Khusus dari direktur risk-nya itu tadinya adalah Kadiv IT security-nya Mandiri. Kita minta supaya IT security di BSI ini dinaikkan kualitasnya setara dengan Mandiri," ujarnya.

Lebih lanjut, Tiko mengatakan, pihaknya akan meluncurkan mobile banking BSI terbaru yang lebih berkualitas.

"Kemudian juga secara mobile banking kita juga akan me-launching mobile banking baru, kualitas mobile bankingnya setara dengan Mandiri," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi Bank Syariah Indonesia (BSI) imbas gangguan layanan perbankan pada Senin (9/5/2023).

Perombakan jajaran direksi BSI itu disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (22/5/2023).

Jajaran direksi yang diganti mulai dari Direktur Information Technology (IT) sampai Direktur Risk Management.

Direktur IT yang semula dijabat oleh Achmad Syafii digantikan oleh Saladin D Effendi.,

Sementara direktur Risk Management digantikan oleh Grandhis Helmi H. Sebelumnya jabatan ini diberikan kepada Tiwul Widyastuti.

Erick juga mengangkat mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode Muliaman Hadad sebagai Komisaris Utama dan Adiwarman Azwar Karim sebagai Wakil Komisaris Utama/Independen dan Abu Rokhmad sebagai Komisaris.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wamen BUMN: Peretasan Data BSI Terjadi di Komputer-komputer Lama", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/06/071200626/wamen-bumn--peretasan-data-bsi-terjadi-di-komputer-komputer-lama?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm