Teh putih
Teh putih ( shutterstock)

Beda produksinya, Berikut 3 Jenis Teh Paling Populer Di Indonesia

8 Juni 2023 08:04 WIB

SonoraBangka.id -  Jenis teh beragam. Bila dikelompokkan, ada tiga jenis teh utama yang populer di dunia, termasuk Indonesia. Setiap teh diproduksi dengan cara berbeda, membuatnya memiliki aroma hingga nilai jual yang tak sama. Selengkapnya, simak tiga jenis teh populer yang dijelaskan Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, berikut ini.

1. Teh hitam

Teh hitam bisa dibilang jenis teh terpopuler. Biasanya, teh ini diseduh dalam bentuk celup. Menurut Fachri, produksi teh hitam paling sederhana, tidak banyak aturan saat menanamnya, seperti halnya jenis teh lain. "Ada timing pemetikan untuk white tea, begitu pula green tea, gak bisa salah. Kalau teh, jarang ada aturan (pemetikan)," kata dia. Menambahkan dari buku "Kisah Dan Khasiat Teh" (2013) oleh Ratna Somantri & Tanti terbitan Gramedia Pustaka Utama, teh hitam mengalami oksidasi penuh. Hasilnya, warna teh hitam menjadi coklat gelap baik saat masih menjadi teh kering maupun diseduh. Daun teh hitam akan dibiarkan mengalami oksidasi hingga kelembapannya hilang dan menjadi kering.

2. Teh hijau

Masih bersumber dari buku yang sama, teh hijau justru berbanding terbalik dengan teh hitam. Jenis teh hijau tidak mengalami oksidasi. Daun teh segar langsung dipanaskan untuk mematikan proses tersebut. Pemetikan teh hijau kebanyakan manual, menggunakan tangan dan harus hati-hati. Sebab, daun teh yang dipetik masih sangat muda. Hal itu membuat warna seduhan teh hijau terlihat bening, seperti disampaikan Fachri. Bila daun teh direndam dalam waktu lama pun, seduhannya cenderung tetap berwarna bening dan kehijauan.

3. Teh putih

Fachri belum menyediakan jenis teh ini di kafenya. Menurut dia, white tea atau teh putih adalah jenis teh termahal. "White tea itu teh tersehat dan harga tehnya yang bukan premium saja, mencapai Rp 2 juta per kilogram," ujar Fachri. Daun teh ini umumnya memiliki bulu-bulu halus berwarna putih, dipetik selagi segar dan dibiarkan layu di ruang terbuka. Meski terlihat sederhana, proses teh putih merupakan yang paling rumit dibandingkan dengan dua lainnya. Pasalnya, suhu dan kelembapan ruang terbuka tempat menyimpan teh harus tepat. Jadi, tak heran bila hasil produksi teh putih lebih terbatas, harganya pun mahal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Jenis Teh Paling Populer di Indonesia dan Beda Produksinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/06/180600075/3-jenis-teh-paling-populer-di-indonesia-dan-beda-produksinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm