Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2.
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2. ( Qualcomm)

Chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2, Lebih Cepat dan Hemat Daya

8 Juni 2023 18:34 WIB

SonoraBangka.ID - Pada Maret lalu, Qualcomm meluncurkan chipset terbarunya yang menyasar kategori ponsel kelas menengah (mid-range), yaitu Snapdragon 7 Plus Gen 2.

Sesuai namanya, System-on-Chip (SoC) ini merupakan suksesor dari Snapdraogn 7 Plus Gen 1 yang meluncur Mei 2022 lalu, dan kini menggunakan imbuhan nama "Plus".

Biasanya, chipset Snapdragon versi Plus meluncur setelah versi "reguler" diresmikan. Namun, Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini tampaknya tidak atau belum memiliki model biasa, sehingga chipset model Plus ini bisa dibilang menjadi suksesor langsung Snapdragon 7 Gen 1.

Nah, sebagai penerus, Snapdragon 7 Plus Gen 2 kini hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan. Pada sektor prosesor (CPU), misalnya, prosesor chipset ini memiliki kecepatan clock maksimal hingga 2,91 GHz.

Di Snapdragon 7 Gen 1, CPU yang ada di dalamnya hanya memiliki kecepatan clock maksimal yang mentok di angka 2,4 GHz, lebih lambat sekitar 500 MHz dari Snapdragon 7 Plus Gen 2. 

Peningkatan kecepatan clock CPU signifikan ini dikontribusi oleh jenis CPU performa tinggi baru yang diusung Snapdragon 7 Gen 1, yaitu Cortex-X2 (2,91 GHz) yang berjumlah satu unit.

Di Snapdragon 7 Gen 1, CPU performa tinggi yang dipakai adalah Cortex-A710 (2,4 GHz) sebanyak satu unit pula.

Adapun CPU Cortex-A710 masih dipakai di Snapdragon 7 Plus Gen 2, namun jumlahnya bertambah menjadi tiga unit. CPU ini dipakai untuk menangani beban kerja ponsel dengan level menengah.

Kemudian ada empat unit CPU Cortex-A510 (1,8 GHz) yang berguna untuk menghemat daya ponsel. Sehingga, total prosesor yang ada di SoC Snapdragon 7 Plus Gen 2 ada 8 unit. 

Peningkatan GPU, efisiensi daya, dan ISP

Selain peningkatan kecepatan CPU, unit pengolah grafis (GPU) Adreno di Snapdragon 7 Plus Gen 2 juga diklaim dua kali lebih cepat dibanding Snapdragon 7 Gen 1.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm