Minuman penurun berat badan.
Minuman penurun berat badan. ( iStockphoto/JulijaDmitrijeva)

Benarkan Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

11 Juni 2023 15:46 WIB

SonoraBangka.id - Mengonsumsi air lemon kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan karena cita rasa asamnya. Dilansir dari Healthline, air lemon termasuk minuman rendah kalori. Setiap gelas air berisi setengah lemon hanya mengandung enam kalori. Itu sebabnya, tidak salah bila air lemon dapat mengurangi asupan kalori dan membantu menurunkan berat badan, bila dibandingkan dengan soda dan jus jeruk yang berkalori tinggi. Mengganti salah satu jenis minnuman tinggi kalori dengan segelas air lemon, dapat mengurangi asupan kalori harian sebesar 100-200 kalori.

Sebagian besar air lemon terdiri dari air sehingga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dalam waktu lama. Begitu juga dengan peningkatan metabolisme yang bisa didapat usai mengonsumsi air dalam jumlah banyak, termasuk air lemon. Efek minum air dalam jumlah cukup dapat menyebabkan peningkatan metabolisme yang berhubungan dengan penurunan berat badan.

Potensi tetap terhidrasi, meningkatkan metabolisme, hingga rasa kenyang dapat menunjukkan bahwa air lemon mampu menurunkan berat badan. Namun, kebanyakan manfaat yang disebutkan berfokus pada konsumsi jumlah air cukup, mengarah pada air biasa, meski air lemon termasuk salah satunya. Meski air lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan, keduanya tidak berpengaruh pada berat badan. Jadi, air lemon bisa saja meningkatkan rasa kenyang, menjaga tubuh terhidrasi hidrasi, meningkatkan metabolisme, hingga meningkatkan penurunan berat badan. Namun, air lemon tidak lebih baik daripada air biasa untuk menghilangkan lemak. Air lemon dari setengah buah yang diperas bisa dicampur dengan segelas air, es batu, dan daun mint untuk dikonsumsi kapan saja selama satu hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/11/080800375/benarkah-minum-air-lemon-bisa-turunkan-berat-badan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm