ilustrasi cake kue tart
ilustrasi cake kue tart ( FREEPIK/pressfoto)

Hasilnya Rapi Dan Cantik, Berikut 6 Tips Menghias Kue Tart

11 Juni 2023 16:02 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang yang baru mulai membuat kue, mungkin menghias kue tart adalah bagian yang agak sulit.  Namun, jika kamu sudah mengetahui triknya, menghiasi kue bukan lagi hal yang sulit. Tips berikut ini dapat menghasilkan kue tart yang rapi, mulus, dan cantik dengan sempurna. Melansir laman The Kitchn, ikuti enam tips menghias kue tart berikut ini. 

1. Timbang adonan agar lapisan kue rata sempurna

Menimbang adonan setiap loyangnya penting agar lapisan kue rata sempurna. Cara menimbangnya mudah. Siapkan timbangan kue digital. Timbang berat mangkuk adonan. Setelah itu, kurangi berat mangkuk dengan berat adonan.  Bagi jumlah berat adonan dengan jumlah lapisan yang ingin dipanggang. Tambahkan persis jumlah berat adonan ke dalam setiap loyang.  Jika kamu tidak punya timbangan kue digital, kamu dapat menggunakan gelas ukur.

2. Dinginkan kue setelah dipanggang

Mendinginkan kue setelah dikeluarkan dari oven merupakan hal paling penting. Kamu harus biarkan kue hingga dingin selama 30 menit sebelum dikeluarkan dari loyangnya.  Setelah suhu kue menurun, keluarkan dari loyang dan letakkan di atas rak kawat sampai benar-benar dingin. Diamkan sekitar 30 menit.  Hal tersebut membantu kue mengeras sehingga saat dipotong tidak berantakan, serta memastikan frosting tidak meleleh. 

3. Potong tiap lapisan dan letakkan kue secara terbalik

Pastikan kamu memotong tiap lapisan kue sebelum dirakit agar kue tidak miring. Kamu dapat menggunakan pisau bergerigi untuk memotong bagian atas kue.  Pisau bergerigi juga dapat membuat bagian bawah kue lebih rata dan lebih mudah dibekukan.  Letakkan lapisan kue yang paling rata sebagai lapisan paling atas untuk menciptakan permukaan rata pada kue. 

4. Berikan crumb coat pada kue

Kamu harus lapisi kue dengan crumb coat terlebih dahulu sebelum melapisi kue dengan cokelat ganache atau krim lain dengan sepenuhnya.  Tujuannya adalah supaya tidak ada remahan kue yang tercampur ke dalam coating sehingga tampilan kue lebih mulus.  Oleskan krim secara tipis untuk membekukan bagian luar kue dan jangan terlalu banyak mengoleskannya. 

5. Dinginkan kue

Proses pendingin terakhir ini berguna untuk mengencangkan crumb coat agar tidak tercampur dengan lapisan akhir frosting.  Masukkan kue ke dalam lemari es dan dinginkan selama 30 menit hingga semalaman.  

6. Olesi krim dari atas ke bawah

Setelah kue didinginkan, keluarkan dari lemari es dan kamu sudah bisa mulai menghias kue dengan sisa krim. Kamu dapat menggunakan spatula kecil untuk mendapatkan hasil kue yang rata sempurna. Olesi krim dari bagian atas kue dan perlahan oleskan ke bagian bawah kue dengan gerakan cepat dan panjang.  Jika masih ada bagian kue yang belum terlapisi dengan baik, kamu dapat menambahkan krim sedikit demi sedikit. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Menghias Kue Tart agar Hasilnya Rapi dan Cantik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/09/181200975/6-tips-menghias-kue-tart-agar-hasilnya-rapi-dan-cantik?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm