Carbon Black Xbox Series S.
Carbon Black Xbox Series S. ( Microsoft)

Konsol Xbox Series S Varian 1 TB Meluncur, Dengan Desain Warna Baru

12 Juni 2023 18:13 WIB

SonoraBangka.ID - Divisi game Microsoft, Xbox resmi mengumumkan konsol game terbarunya bernama Carbon Black Xbox Series S pekan ini. 

Konsol tersebut sebenarnya merupakan model lain dari Xbox Series S, namun dilapisi dengan warna hitam pekat yang menyerupai "saudaranya" Xbox Series X.

Selain warna, kapasitas media penyimpanan (storage) Carbon Black Xbox Series S juga lebih besar, tepatnya dua kali lipat dari Xbox Series S yang mentok 512 GB, yaitu mencapai 1 TB. 

Di luar perbedaan ini, kemampuan Carbon Black Xbox Series S serupa dengan Xbox Series S.

Secara desain, kedua konsol mengadopsi bentuk balok dan tidak dibekali dengan slot/laci cakram (disc). Artinya, kedua hardware tersebut hanya bisa menjalankan game versi digital yang bisa di-download.

Pada sektor performa, kedua konsol Xbox Series S ini ditenagai dengan prosesor (CPU) delapan inti (core) AMD Zen 2 dengan kecepatan clock maksimal 3,6 GHz (dengan Simultaneous Multi-threading mencapai 3,4 GHz).

Sementara untuk sektor pengolah grafis (GPU), Carbon Black Xbox Series S mengandalkan GPU AMD RDNA 2 dengan compute units (CUs) berjumlah 20 unit. Masing-masing unit CUs ini memiliki kecepatan 1,5 GHz dengan kekuatan mencapai 4 TFLOPs.

Untuk fitur pendukung lainnya, konsol game ini dibekali dengan RAM 10 GB, serta mendukung output visual hingga kualitas 1440p (60 fps) dan frame rate 120 fps.

Rencananya, konsol game ini akan mulai tersedia di pasar global mulai 1 September 2023 mendatang, sebagaimana dirangkum dari Xbox, Senin (12/6/2023). 

Konsumen yang ingin membeli Carbon Black Xbox Series S harus mengeluarkan uang 350 dollar AS (sekitar Rp 5,2 juta), 50 dollar AS (sekitar Rp 744.000) lebih mahal dari Xbox Series S model biasa yang harganya 300 dollar AS (sekitar Rp 4,4 juta).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konsol Xbox Series S Varian 1 TB Meluncur, Bawa Desain Warna Baru", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/06/12/12010017/konsol-xbox-series-s-varian-1-tb-meluncur-bawa-desain-warna-baru.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm