Ilustrasi jagung bakar.
Ilustrasi jagung bakar. ( Dok. Sajian Sedap)

Agar Hasilnya Matang Sempurna, Berikut 6 Tips Masak Jagung Bakar

13 Juni 2023 13:23 WIB

SonoraBangka.id - Jagung bakar biasanya paling sering disajikan saat momen tertentu, seperti Tahun Baru dan pesta BBQ bersama teman atau keluarga. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi ada cara khusus untuk masak jagung bakar supaya hasilnya sempurna.  Melansir laman The Kitchn, ikuti enam tips masak jagung bakar yang benar berikut ini. B

1. Pilih jagung yang paling segar

Kamu harus pilih jagung yang paling segar. Ciri-ciri jagung segar yaitu berbau harum yang khas, kokoh saat ditekan, dan rambut jagung yang warnanya tidak menghitam.

2. Hindari merendam jagung dengan air garam

Merendam jagung sebelum dipanggang dengan air garam memang dapat menambahkan rasa gurih dan jagung menjadi lebih gemuk. Namun, sebaiknya, hindari merendam jagung dengan air garam. Hal itu dapat menimbulkan dua hal pada jagung. Pertama, jagung dapat kehilangan rasa manisnya. Kedua, jagung menjadi kurang segar, terutama untuk jagung yang berair. 

3. Jangan kupas habis kulit jagung

Kebanyakan orang biasanya mengupas habis kulit, rambut jagung, dan tongkol jagung sebelum dipanggang. Jika kamu ingin mendapat hasil bakaran jagung yang maksimal, sebaiknya, kulit jagung jangan dikupas habis. Sisakan beberapa lapis kulit jagung. Hal itu dapat mencegah jagung kering di atas panggangan serta mengukus jagung lebih efektif.  Jangan lupa untuk buang bagian akar jagung. Bakar jagung bersama dengan kulitnya. 

4. Bakar jagung di atas api langsung

Memanggang jagung di atas api langsung memberikan kematangan jagung yang sempurna. Kulit jagung yang terkena api langsung dapat membuat jagung termasak dengan baik.  Jangan khawatir kalau sekam jagung berubah warna kehitaman. Hal itu justru dapat mempermudah kamu saat mengupas bagian sekam jagung dan membuangnya.

5. Bakar jagung selama 15-20 menit 

Bakar jagung selama 15 menit sampai berubah warna kuning cerah dan lebih buram. Beberapa bagian jagung akan hangus saat kulit dan bagian sutranya habis terbakar. Jangan lupa untuk membolak-balik jagung selama lima menit agar matangnya merata.

6. Cara mengupas dan menyajikan jagung bakar

Setelah jagung bakar matang, angkat dari panggangan dan dinginkan sebentar selama lima menit.  Kamu dapat lebih mudah mengupas sekam dan sutera jagung. Gunakan handuk dapur yang bersih untuk menyeka sisa sutera dan serpihan sekam yang hangus. Mentega dan garam merupakan kombinasi bumbu yang pas digunakan untuk membumbui jagung bakar. Sajikan jagung bakar selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Masak Jagung Bakar agar Hasilnya Matang Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/01/160400075/6-tips-masak-jagung-bakar-agar-hasilnya-matang-sempurna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm