Jangan langsung membuang telur kedaluwarsa. Cek kesegaran telur dengan merendamnya dalam air.
Jangan langsung membuang telur kedaluwarsa. Cek kesegaran telur dengan merendamnya dalam air. ( SHUTTERSTOCK/Dirk M. de Boer)

Bolehkan Makan Telur Yang Kadaluwarsa? Ini Penjelasannya

13 Juni 2023 18:41 WIB

SonoraBangka.id - Tanggal kedaluwarsa biasanya terdapat pada telur kemasan yang dijual di supermarket. Ada juga yang menyematkan tanggal produksi telur. Namun, dilansir dari The Spruce Eats, keduanya tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan keamanan konsumsi telur. Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Makanan dan Obat- obatan di Amerika Serikat dan Egg Safety Center, setuju bahwa telur biasanya masih aman dikonsumsi beberapa minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Namun, tidak semua telur lewat tanggal kedaluwarsa masih aman dikonsumsi. Coba uji dulu kesegarannya. Cara menguji telur yang bagus adalah menggunakan air. Isi mangkuk dengan air dingin, masukkan telur ke dalamnya.

Bila telur tenggelam ke dasar, artinya masih segar. Jika telur tenggelam ke dasar, tetapi hanya diam di titiknya, berarti telur masih bagus dan harus segera dikonsumsi. Paling buruk, telur mengapung. Ini berarti telur sudah tidak aman dikonsumsi dan harus segera dibuang. Sebelum mengujinya, kamu bisa meminimalisir telur busuk sebelum digunakan. Beli telur dengan tanggal kedaluwarsa lebih lama dan simpan dengan baik. Telur segar bisa disimpan di suhu ruang, sementara telur matang aman disimpan selama satu minggu. Bila menemukan telur dengan bercak darah, jangan segera membuangnya. Kondisi telur ini masih aman dikonsumsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bolehkah Makan Telur yang Sudah Kedaluwarsa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/13/180600175/bolehkah-makan-telur-yang-sudah-kedaluwarsa-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm