Kunci Emergency dan Remote Smartkey untuk motor Honda Vario 150 Keyless(Kompas.com/Daafa)
Kunci Emergency dan Remote Smartkey untuk motor Honda Vario 150 Keyless(Kompas.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Remote Keyless Pada Motor Harus Ganti Baterai secara Berkala

13 Juni 2023 21:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor matik lansiran terbaru biasanya memiliki varian keyless alias tidak menggunakan kunci konvensional.

Teknologi ini memang terkesan praktis, karena pengendara tidak perlu lagi memakai anak kunci untuk menyalakan kendaraan.

Meski jauh lebih praktis dan nampak canggih, pengguna juga harus ekstra hati-hati karena remote keyless menggunakan baterai terpisah.

Kalau daya baterai habis, remote keyless tidak akan bisa digunakan dan otomatis, motor tidak bisa dinyalakan. Mengingat lubang kunci sudah diganti dengan knob atau fob yang tidak bisa dicabut.

“Supaya kenop bisa diputar, dia butuh sinyal dari SCU (smart control unit) yang ada di remote keyless. Nah, remote keyless ini butuh baterai supaya bisa mengirimkan sinyal, begitulah prosesnya,” ucap Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 kepada Kompas.com, Sabtu (10/6/2023).

Anto menjelaskan, kendala motor tidak bisa dinyalakan karena baterai remote keyless habis merupakan persoalan umum yang sering dijumpai beberapa pengendara.

Sayangnya, satu-satunya solusi kendala itu hanyalah mengganti baterai remote keyless dengan baru. Tidak ada opsi lain semisal menggunakan anak kunci fisik.

“Memang cukup memusingkan kalau baterai remote keyless habis. Motor jadi tidak bisa dinyalakan karena enggak ada sinyal SCU,” kata dia.

Dia menambahkan, satu cara untuk memahami baterai remote keyless yang akan habis adalah dengan memperhatikan responsivitas sinyal.

Bila ditemui motor terkadang tidak bisa menerima sinyal dan agak sulit dinyalakan, ada baiknya baterai segera diganti dengan yang baru.

Harganya pun cukup terjangkau, baterai remote keyless motor umumnya menggunakan jenis CR2032 berbentuk koin yang dibanderol mulai dari Rp 20.000 dan banyak tersedia di minimarket.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Remote Keyless Motor Harus Ganti Baterai secara Berkala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/13/071200515/ingat-remote-keyless-motor-harus-ganti-baterai-secara-berkala.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm