Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2023).
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2023). ( KOMPAS.com)

Penerbangan Calon Jemaah Haji Tertunda, Bos Garuda: Beberapa Pesawat Harus Diperbaiki

14 Juni 2023 10:31 WIB

SonoraBangka.ID - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra buka suara terkait penundaan keberangkatan penerbangan 328 calon jemaah haji embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu (3/6/2023).

Irfan mengatakan, penundaan penerbangan harus dilakukan menyusul kondisi pesawat yang harus segera diperbaiki.

"Ya memang ada beberapa pesawat yang mengalami kerusakan dan harus kita perbaiki dan itu mengakibatkan beberapa kloter tertunda keberangkatannya," kata Irfan ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Irfan mengatakan, pihaknya melakukan manajemen yang baik terhadap ratusan calon jemaah haji dengan memindahkan penumpang ke hotel.

Ia mengatakan, langkah tersebut dilakukan agar calon jemaah haji tidak menumpuk di Asrama Haji.

"Manage-nya maksudnya begini, kasus di Banjarmasin misalnya kan kita tidak mungkin membiarkan mereka di asrama haji kloter berikutnya datang, jadi beberapa kita pindahkan ke hotel atas biaya Garuda," ujarnya.

Saat ini, sebanyak 328 calon jemaah haji kloter 4 asal embarkasi Banjarmasin tersebut sudah diberangkatkan secara bertahap.

Sebanyak 287 jemaah diberangkatkan pada Sabtu (3/6/2023) pukul 22.00 waktu setempat dengan menggunakan armada Airbus A330-400. Sementara sisa jemaah lainnya akan diberangkatkan dengan 2 penerbangan melalui Medan pada Minggu (4/6/2023).

Sebelumnya, kritikan mengenai penundaan penerbangan jamaah haji embarkasi Banjarmasin mencuat di media sosial Twitter. Salah satunya, diungkapkan oleh ayah David Ozora, Jonathan Latumahina melalui akun pribadinya @seeksixsuck pada Sabtu (3/6/2023).

"Hari ini jamaah haji embarkasi banjarmasin mengalamai delay panjang karena pesawat rusak dan diganti dengan yang lebih kecil. Maskapai @IndonesiaGaruda ini gak profesional. Embarkasi banjarmasin selalu 'dikerjain' begini sejak tahun-tahun lalu," cuitnya

Ia menyebut, penundaan ini sudah terulang untuk ketiga kalinya. Oleh sebab itu, Jonathan meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk memperhatikan maskapai pelat merah tersebut agar melakukan perbaikan.

Sementara itu, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan, pihaknya telah menyampaikan protes ke maskapai Garuda Indonesia terkait penundaan penerbangan embarkasi Banjarmasin.

Ia meminta Garuda Indonesia menyampaikan permintaan maaf dan memberikan kompensasi kepada pada calon jemaah haji yang terkena penundaan penerbangan tersebut.

"Kami sudah sampaikan protes ke Garuda Indonesia atas peristiwa ini. Apalagi, info adanya kerusakan teknis baru terinformasikan setelah jemaah berada di Bandara Samsuddin Noor," kata Saiful Mujab dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (3/6/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerbangan Calon Jemaah Haji Tertunda, Bos Garuda: Beberapa Pesawat Harus Diperbaiki", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/14/051358926/penerbangan-calon-jemaah-haji-tertunda-bos-garuda-beberapa-pesawat-harus?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm