Sejumlah pengemudi ojek online motor listrik tengah mengganti baterai motor di stasiun pengisian daya di SPBU Pertamina Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2022).(Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI)
Sejumlah pengemudi ojek online motor listrik tengah mengganti baterai motor di stasiun pengisian daya di SPBU Pertamina Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2022).(Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI) ( KOMPAS.COM)

PLN Sebut Efisiensi Kendaraan yang Menggunakan BBM Cuma 15 Persen

14 Juni 2023 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kendaraan listrik baik mobil dan sepeda motor listrik dipercaya sebagai solusi alat transportasi di masa depan. Teknologinya disebut murah, efisien, dan lebih ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, mengenai efisiensi maka berhubungan dengan hukum kekekalan energi, yaitu energi tidak dapat dimusnahkan tapi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain.

"Kalau energi BBM diubah jadi energi kinetik itu efisiensinya hanya sekitar 15 persen sisanya diubah jadi energi panas. Buktinya apa, silahkan naik mobil dipegang knalpotnya, panas, nanti keselomot itu. Naik motor, satu dua jam, pegang knalpotnya, panas," kata Darmawan di Jakarta, belum lama ini.

"Tapi kalau energi listrik diubah jadi energi kinetik efisiensinya tinggi sekali. Buktinya apa, kipas angin, coba cari knalpotnya tidak ada. Kenapa (tidak ada knalpot), karena efisien sekali," ungkap dia.

Darmawan mengatakan, teknologi listrik merupakan energi yang murah. Dalam hal ini penggunaan kendaraan listrik artinya membuat ongkos pemakaian kendaraan yang tadinya mahal jadi murah.

"Maka 1 liter bensin yang sekarang Rp 12.000-Rp 13.000 itu hanya setara dengan 1,5 Kwh listrik. Itu sama 1 liter listrik itu 1,5 Kwh (yang) hanya Rp 2.500. Itu artinya ini (berubah) menjadi dari energi mahal jadi murah," kata dia.

Kemudian soal ramah lingkungan, Darmawan mengatakan, kendaraan listrik menghasilkan emisi yang jauh lebih sedikit dibandingkan kendaraan internal kombusi berbahan bakar minyak baik bensin maupun solar.

Bahkan kalau energi listrik tersebut dihasilkan dari pembangkit listrik batu bara, tetap polusi yang dihasilkan tetap lebih sedikit daripada polusi yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar minyak.

"Nah satu liter bensin itu emisi gas rumah kaca itu 2,4 Kg per liter bensin. (Kemudian) 1 liter listrik, kalau listriknya dari batu bara 1 Kwh listrik itu 1 Kg CO2. Jadi kalau 1,5 Kwh listrik, 1 liter listrik itu hanya 1.000, 1,5 Kg Co2," kata dia.

"Jadi ini juga menurunkan gas rumah kaca apabila listriknya dari batu bara, ditambah polusinya yang tadinya di jalan-jalan digeser menjadi polusi yang terkonsentrasi di pembangkit yang ada di PLN dan swasta," ujar Darmawan.

Artinya kata Darmawan, ini adalah bagaimana usaha bersama mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Itu kalau dari batu bara saja sudah mengurangi emisi sampai 40 persen, apalagi listrik dari PLN bukan hanya dari batu bara saja, dari gas yang emisinya sangat kecil sekali hanya 450 gram per Kwh, dari energi baru terbarukan, dan kita sudah launching net zero emission di tahun 2060," kata dia.

"Ditambah lagi minyak kita ini sebagian besar impor, sedangkan kalau dari listrik, mohon maaf baik itu dari batu bara, gas, dan energi baru terbarukan adalah dari domestik. Maka ini perubahan dari energi impor menjadi energi domestik," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Sebut Efisiensi Kendaraan yang Pakai BBM Cuma 15 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/14/122200015/pln-sebut-efisiensi-kendaraan-yang-pakai-bbm-cuma-15-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm