Ilustrasi baking soda.
Ilustrasi baking soda. ( Shutterstock/Geo-grafika)

Cara Cek Baking Soda Masih Aktif Atau Tidak Sebelum Membuat Kue

15 Juni 2023 07:11 WIB

SonoraBangka.id - Baking soda atau soda kue berperan sebagai pengembang dalam adonan kue. Penting memastikan keaktifan baking soda sebelum mencampurnya dengan bahan lain. Dilansir dari The Spruce Eats, memerlukan bahan asam untuk menguji keaktifan baking soda, seperti air lemon atau cuka. Bahan asam akan membantu baking soda bereaksi dan menghasilkan gas karbondioksida. Gelembung ini yang membuat adonan kue mengembang.

Selengkapnya, simak cara cek baking soda aktif berikut ini:

1. Masukkan satu sendok baking soda ke dalam mangkuk.

2. Tambahkan cuka atau jus lemon ke dalamnya.

3. Aduk dan lihat hasilnya. Bila campurannya berbuih banyak, artinya baking soda masih bagus.

4. Sebaliknya, jumlah buih yang sedikit menunjukkan baking soda sudah tidak bagus dipakai untuk membuat kue atau makanan lainnya. Manfaatkan bahan ini sebagai pembersih lemari dapur dan alat masak lainnya.

Ketahanan baking soda

Baking soda yang belum dibuka bisa tahan hingga dua tahun. Bila kemasannya sudah terbuka, bubuk pengembang ini hanya tahan selama enam bulan. Umumnya, tak ada tanggal kedaluwarsa pada kemasan baking soda. Namun, bahan ini bisa saja rusak dan tidak lagi aman digunakan untuk konsumsi. Penyebab baking soda yang rusak adalah terkena kelembapan asam. Misalnya, ada sisa cairan asam yang tercampur dengan baking soda. Baking soda sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, termasuk bila kemasannya sudah terbuka.  Gunakan kantong plastik ziplock untuk mencegah kelembapan yang membuat baking soda cepat rusak. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek Baking Soda Masih Aktif atau Tidak, Simak Sebelum Bikin Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/13/183536575/cara-cek-baking-soda-masih-aktif-atau-tidak-simak-sebelum-bikin-kue.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm