Pj Gubernur Suganda: Gule Kabung adalah Program Kerja Efektif
Pj Gubernur Suganda: Gule Kabung adalah Program Kerja Efektif ( Diskominfo Babel)

Pj Gubernur Suganda: Gule Kabung adalah Program Kerja Efektif

15 Juni 2023 08:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai senam pagi, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu dan rombongan, berkeliling Lapangan Segitiga Desa Senyubuk Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur untuk mengunjungi Bazar Layanan Perangkat Daerah, Bazar UMKM, Pasar Murah dan Layanan Publik lainnya, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan bazar ini dikatakan Pj. Gubernur Suganda merupakan bagian dari agenda Program Gule Kabung, yakni kerja bersama membangun, yang artinya di sini kita bekerja bersama membangun dengan melibatkan semua pihak, baik Bulog, kepolisian, Forkopimda, instansi vertikal.

"Jadi Program Gule Kabung ini tidak menciptakan program sendiri, tapi mengkolektifkan program-program yang sudah ada. Program ini juga tidak membutuhkan pembiayaan karena biayanya sudah ada di masing-masing OPD, dinas, instansi vertikal.

"Jadi yang harus dipahami, Gule Kabung ini adalah program yang sangat efektif. Dia mensinergikan semua program yang ada sehingga program-program yang sudah ada itu bisa saling menguatkan, tidak berjalan sendiri-sendiri dan tidak tumpang tindih," pungkasnya.

Kemudian, satu persatu stand yang ada di Lapangan Segitiga Desa Senyubuk Kelapa Kampit dikunjungi oleh orang nomor satu di Bangka Belitung ini. Diantaranya stand donor darah, samsat keliling, bazar produk pertanian, stand kesehatan dan lainnya.

Salah satu stand yang mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Bangka Belitung ini adalah inovasi dari SMA 1 Kampit yang menciptakan alat pengasapan multi fungsi untuk pengawetan ikan, pengasapan ikan dan pisang sale, juga untuk menghasilkan asap cair dan briket yang hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pembakaran.

"Hasilnya yakni ikan atau pisang, akan dapat dikonsumsi dan dijual menjadi produk UMKM. Termasuk asap cairnya yang jika sudah ditingkatkan kualitasnya, dapat dijual dengan harga yang lumayan," jelas Ersya Marsyafani siswi SMA 1 Kampit.

Sementara Kepala Dinas Perindag Prov. Kep. Babel H. Tarmin mengatakan, bahwa bazar murah ini merupakan bentuk dukungan terhadap program kerja Pj. Gubernur "Gule Kabung" dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilitasi harga bahan kebutuhan pokok.

"Jadi dengan adanya pasar murah ini, kami harapkan masyarakat khususnya masyarakat Desa Senyubuk Kecamatan Kampit, terutama mendekati HBKN Idul Adha, dapat memenuhi kebutuhan pokoknya di sini," jelas Kadis Perindag Tarmin.

Perindag juga menyediakan beberapa distributor besar dari Tanjung Pandan maupun Belitung Timur, yakni beras, beras medium, minyak kita, gula pasir, dan komoditi lainnya dengan harga yang relatif lebih murah. Termasuk juga komoditi pertanian seperti cabe kecil, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, sayur-sayuran, dan lain-lain, yang merupakan produk hortikultura sebagai bahan-bahan yang terkait komoditi inflasi.

Dalam hal ini, Perindag tidak bekerja sendiri melainkan berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan para distributor yang ada di Belitung dan Belitung Timur, serta bekerjasama dengan instansi terkait lainnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm