Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit.
Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit. ( SHUTTERSTOCK/Yoz_Ardy)

Pendamping Makan Satai Lilit, Berikut Cara Membuat Sambal Matah Segar

18 Juni 2023 07:50 WIB

SonoraBangka.id - Sambal matah sambal khas Bali yang terbuat dari bahan-bahan mentah kemudian disiram minyak kelapa. Sambal matah mudah untuk dibuat dengan bahan bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun jeruk purut, terasi bakar, serai, air jeruk limau, dan minyak kelapa. Sambal matah segar cocok dimakan bersama satai lilit, ayam krispi, dan ikan bakar. Simak resep sambal matah segar berikut ini, dikutip dari buku "Variasi Sambal Nusantara" (2009) karya Sri Loebis terbitan Puspa Swara.

Resep sambal matah segar

Bahan:

10 butir bawang merah, iris halus

2 siung bawang putih, cincang

9 buah cabai merah, iris halus

4 lembar daun jeruk purut atau limau, buang tulang daun, iris halus

2 sdt terasi bakar, haluskan

2 batang serai, iris halus

1 sdm air jeruk limau

1 1/2 sdm minyak kelapa

Garam secukupnya 

Cara membuat sambal matah segar:

1. Campur bawang merah dengan bawang putih, cabai, daun jeruk, terasi, dan serai, aduk rata. Masukkan air jeruk limau, garam, dan minyak kelapa. Aduk rata. 2. Hidangkan dengan nasi putih dan satai lilit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Matah Segar untuk Pendamping Makan Satai Lilit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/17/220400875/resep-sambal-matah-segar-untuk-pendamping-makan-satai-lilit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm