AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap prima(Tangkapan layar)
AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap prima(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Waktu Ideal Untuk Ganti Oli Kompresor AC Mobil

18 Juni 2023 17:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah AC mobil harus dirawat dengan baik agar performanya tetap terjaga. Sehingga, angin yang berembus tetap sejuk dan dapat membuat pengendara nyaman di dalam kabin.

Salah satu perawatan yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan penggantian oli kompresor secara rutin untuk menghindari penurunan performa dan kerusakan komponen.

Lantas, kapan waktu ideal melakukan penggantian oli kompresor AC mobil?

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan penggantian oli kompresor sebaiknya dilakukan setiap 20.000 Km.

“Meski kondisi AC masih dalam keadaan prima, embusan angin masih dingin, sebaiknya penggantian oli kompresor tetap dilakukan secara teratur yaitu per 20.000 Km atau satu tahun,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Dewa mengatakan langkah tersebut sebagai antisipasi untuk menghindari terjadinya penurunan oli kompresor.

Menurut Dewa oli kompresor jangan sampai menghitam, karena kotoran bisa menyebar ke seluruh komponen.

“Dampaknya bisa menyebabkan AC kurang dingin, bisa karena aliran freon tidak lancar akibat kotoran, dan biaya perbaikannya bisa lebih besar bila ada komponen yang tersumbat,” ucap Dewa.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan penggantian oli kompresor maksimal setiap 60.000 Km walau kondisi AC masih dalam keadaan baik-baik saja.

“Paling maksimal lakukan penggantian oli kompresor setiap 60.000 Km, jika satu tahunnya 20.000 Km maka maksimal 3 tahun wajib ganti,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Hardi mengatakan penggantian oli kompresor bisa dibilang langkah pencegahan terhadap kerusakan komponen AC.

Beberapa komponen AC seperti kompresor, kondensor, evaporator bisa bermasalah gara-gara oli yang kotor.

“Jangan sampai mengeluarkan biaya untuk mengganti komponen AC, lebih baik dirawat secara teratur dengan mengganti oli kompresor,” ucap Hardi.

Jadi, menurut Hardi penggantian oli kompresor maksimal dilakukan setiap 60.000 Km atau 3 tahun. Sementara bengkel spesialis AC, Dewa menyarankan setiap 20.000 Km atau 1 tahun idealnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waktu Ideal Ganti Oli Kompresor AC Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/18/110200215/waktu-ideal-ganti-oli-kompresor-ac-mobil?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm