Perilaku boncengan 4 orang saat mengendarai motor listrik sangat tidak dianjurkan, karena melanggar aturan dan bisa merusak komponen mesin(KOMPAS.com/daafa)
Perilaku boncengan 4 orang saat mengendarai motor listrik sangat tidak dianjurkan, karena melanggar aturan dan bisa merusak komponen mesin(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Bahaya Motor Listrik Jika Kelebihan Muatan, Controller Bisa Hangus

18 Juni 2023 17:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor listrik yang kelebihan muatan, seperti dipakai boncengan lebih dari 2 penumpang, beresiko mengalami kerusakan di beberapa komponen.

Idealnya, beban maksimal yang bisa ditanggung oleh motor listrik cukup serupa dengan motor konvensional, yakni sekitar 150 kilogram atau 2 orang penumpang.

Adyta Muhammad Sina, Pemilik Bengkel Spesialis motor listrik EVCentrum, menjelaskan, setidaknya ada 2 komponen yang bisa rusak kalau motor listrik kelebihan muatan, yakni controller unit (CU) dan baterai.

CU berfungsi menjaga kestabilan arus untuk menggerakkan motor listrik. Bila beban terlalu berat, kerjanya akan jauh lebih keras dan cepat rusak.

“Bahkan bisa hangus akibat overuse, karena berkaitan dengan dinamo pada motor listrik. Performanya baru stabil kalau beban motor terbilang normal,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (18/6/2023).

Selain CU, komponen lain yang bisa cepat rusak adalah baterai. Saat pemakaian listrik jauh lebih besar, daya baterai akan jauh lebih cepat terkuras dan harus sering diisi.

Untuk diketahui, baterai motor pada listrik sejatinya serupa dengan baterai gawai elektronik dan punya life cycle, alias batas pengisian daya.

“Kapasitas baterai akan menurun seiring berjalannya waktu, ini hal wajar dan pasti terjadi. Tinggal bagaimana pengguna bijak dalam mengatur ritme pengisian daya supaya kualitas baterai terawat,” ucap Adyta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya Motor Listrik Kelebihan Muatan, Controller Bisa Hangus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/18/150947815/bahaya-motor-listrik-kelebihan-muatan-controller-bisa-hangus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm