AC Mobil(Denso)
AC Mobil(Denso) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Untuk Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Demi Kesehatan AC

18 Juni 2023 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah AC mobil harus dirawat secara teratur agar performanya tetap baik. Salah satuya dengan melakukan penggantian oli kompresor.

Selain itu, kebersihan kabin juga dapat berpengaruh pada performa AC mobil. Maka dari itu, pengguna mobil wajib menjaga kebersihan kabin.

Dewa Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan kabin yang kotor, jarang dibersihkan cenderung akan menghasilkan debu lebih banyak.

“Debu ini akan beterbangan dan tak luput dapat menempel pada komponen AC, khususnya evaporator dan filter kabin,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Minggu (18/6/2023).

Dewa mengatakan filter kabin yang gampang kotor akan membuat aliran embusan angin tidak lancar, akibatnya AC menjadi kurang dingin.

Tidak cuma soal debu, beberapa pengharum ruangan menurut Dewa juga dapat mengotori evaporator dan menyumbat kisi-kisinya.

“Sebenarnya ada filter kabin, tapi bila kondisinya sudah kotor parah, seperti debu atau bekas pengharum ruangan menempel, lama-lama evaporator menjadi kotor membandel susah untuk dibersihkan,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan selain melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan evaporator, sebaiknya pengguna mobil juga menjaga kebersihan kabin dari debu dan kontaminan lainnya.

“Kalau evaporator bau apek, solusi paling tepat adalah membersihkan bukan hanya menyemprot dengan parfum agar bau tersamarkan,” ucap Dewa.

Jadi, menjaga kebersihan kabin juga termasuk upaya menjaga performa AC mobil supaya tetap bekerja optimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Demi Kesehatan AC ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/18/154200515/pentingnya-menjaga-kebersihan-kabin-mobil-demi-kesehatan-ac-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm