Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo saat acara peresmian penggabungan Perum Damri dan PPD di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo saat acara peresmian penggabungan Perum Damri dan PPD di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023). ( KOMPAS.com)

Wamen BUMN: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023

20 Juni 2023 09:05 WIB

SonoraBangka.ID - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo memastikan LRT Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal beroperasi 18 Agustus 2023.

Pasalnya beberapa waktu lalu beredar kabar operasional kereta cepat Jakarta-Bandung bakal molor dari jadwal.

"Ini salah satunya yg akan kita launching nanti 18 agustus adalah LRT dan kereta cepat," ujarnya saat acara peresmian penggabungan Perum Damri dan PPD di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Nantinya kedua moda transportasi ini akan saling terintegrasi di Stasiun Halim, Jakarta melalui jembatan penghubung.

Selain itu, baik kereta cepat Jakarta-Bandung maupun LRT Jabodebek juga akan terkoneksi dengan moda transportasi umum lainnya.

"(LRT Jabodebek dan KCJB) itu adalah integrasi dua fungsi layanan publik yang nantinya akan terkoneksi dengan Dukuh Atas dengan Transjakarta yang mungkin sebagian besar dioperasikan oleh PPD (Perum Damri)," ucapnya.

Dengan adanya konektivitas intermoda ini, maka transportasi umum yang ada akan melayani lebih optimal dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Terlebih, ke depan pembelian tiket transportasi umum juga akan lebih mudah dengan penerapan digitalisasi.

"Tujuan akhir yang kita harapkan bahwa nantinya masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi seperti di negara maju seperti Singapura, Jepang, dan sebagainya," tuturnya.

Sebagai informasi, pada 18 Agustus mendatang LRT Jabodebek akan mulai beroperasi komersial atau berbayar. Setelah pada 12 Juli-15 Agustus dilakukan uji coba dengan penumpang secara terbatas atau soft launching.

Sementara untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, pada 18 Agustus nanti baru akan dilakukan soft launching karena jadwal operasi komersial akan dilakukan pada Oktober 2023.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wamen BUMN: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/19/181000726/wamen-bumn--lrt-jabodebek-dan-kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-18.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm