Sejumlah pebalap nasional memacu kecepatan saat mengikuti sesi kualifikasi Kejurnas balap motor Mandalika Racing Series 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Ajang Kejuaraan Nasional balap motor Mandalika Racing Series diikuti oleh 18 pebalap Nasional yang putaran perdananya dilangsungkan bersamaan dengan gelaran FIM Superbike World Championship (WSBK) seri kedua di Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz
Sejumlah pebalap nasional memacu kecepatan saat mengikuti sesi kualifikasi Kejurnas balap motor Mandalika Racing Series 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Ajang Kejuaraan Nasional balap motor Mandalika Racing Series diikuti oleh 18 pebalap Nasional yang putaran perdananya dilangsungkan bersamaan dengan gelaran FIM Superbike World Championship (WSBK) seri kedua di Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz ( ANTARA)

Soal Penghapusan WSBK di Mandalika, Ini Permintaan Sandiaga ke BUMN InJourney

20 Juni 2023 09:09 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney melakukan kajian menyeluruh soal rencana penghapusan ajang balapan motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

"Jadi ini (event WSBK) yang nanti perlu dikaji secara menyeluruh karena dengan lebih banyak event di Mandalika kita harapkan Mandalika semakin tumbuh dan berkembang," kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (19/6/2023).

Sandiaga yakin penyelenggaran WSBK di Sirkuit Mandalika ke depannya dapat dilakukan dengan penuh profesional dan perhitungan yang tepat.

"Berkaitan dengan penyelenggaraan itu business to business, dan kami melihat jika penyelenggaraan itu dilakukan penuh profesionalisme dan perhitungan yang tepat. Karena untuk MotoGP dan WSBK di 2022 itu pemerintah yang membayar," ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mendorong kawasan Mandalika tidak hanya bergantung pada penyelenggaraan WSBK dan MotoGP saja. Namun, menciptakan agenda baru berkelas internasional.

"Saya mendorong kita jangan hanya bergantung pada IP-IP luar negeri, karena ini MotoGP dan WSBK ini luar negeri," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menyebutkan bahwa gelaran World Superbike (WSBK) malah menyebabkan kerugian. Sehingga, WSBK disarankan untuk dihapus saja dari Sirkuit Mandalika.

Untuk diketahui, InJourney memiliki anak perusahaan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Perusahaan tersebut dipercaya untuk membangun Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, mengatakan, kerugian terbesar yang dialami sebenarnya berasal dari WSBK. Nilainya bahkan bisa mencapai Rp 100 miliar.

"Sehingga, kami akan melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK," ujar Dony, saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, yang disiarkan dari kanal Youtube Komisi VI DPR RI, Kamis (15/6/2023).

Dony menambahkan, sedangkan untuk MotoGP, biaya operasionalnya tertutup. Tapi, menurut penghitungan yang dilakukan oleh InJourney, kerugiannya mencapai Rp 50 miliar.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Penghapusan WSBK di Mandalika, Ini Permintaan Sandiaga ke BUMN InJourney ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/20/050700626/soal-penghapusan-wsbk-di-mandalika-ini-permintaan-sandiaga-ke-bumn-injourney-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm