Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.(Ghulam/Otomania)
Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.(Ghulam/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Cara Mudah Untuk Mengurangi Potensi Lis Karet Pintu dan Kaca Mobil Getas

20 Juni 2023 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dewasa ini cuaca di berbagai wilayah Indonesia jadi tidak menentu. Pada siang hari, sinar matahari kerap sangat menyengat tapi ketika malam hendak tiba, curah hujan tiba-tiba tinggi.

Kondisi tersebut, sedikit banyak tentu akan berdampak ke kendaraan bermotor yang digunakan khususnya mobil. Apabila tidak jeli, sejumlah komponen akan mengalami pengurangan kualitas seperti lis karet di pintu serta kaca.

Diketahui, lis karet pintu dan kaca berperan penting dalam meredam benturan saat proses menutup pintu mobil, meningkatkan kekedapan, serta menahan air masuk ke kabin jika mobil melaju di wilayah dengan curah hujan tinggi.

Mengingat kalau air sampai masuk ke sela pintu, bisa memacu terjadi korsleting karena ada piranti kelistrikan seperti power window maupun adjustable side mirror.

Namun, seperti komponen mobil lainnya, karet punya masa pakai. Artinya bila usia karet sudah menahun dan tidak terawat, fungsinya akan jauh berkurang.

Selain itu, menurut Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Rafi'i Sinurat, cuaca panas serta hujan juga bisa membuat komponen tersebut mengalami penyusutan.

"Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng, kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Secara fisik karet tampak rusak. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa, ada baiknya piranti ini diganti baru," lanjut Rafi'i.

Dalam upaya menjaga lis karet pintu dan kaca mobil tidak mudah rusak dan masa pakainya panjang, pengemudi patut memarkirkan mobil di lokasi teduh dan tidak terkena paparan matahari langsung. ??Tetapi perhatikan lokasi parkir, jangan dekat dengan pohon tinggi atau tower listrik. Sebab ketika hujan lebat, bakal ada potensi pohon dimaksud roboh.

Lalu, usahakan tidak sering kontak langsung dengan komponen karet tersebut seperti saat proses memasukkan dan mengeluarkan barang, hindari gesekan.

"Pemilik juga bisa menggunakan cairan silikon untuk melunakkan karet-karet pada eksterior mobil, antara lain karet pintu mobil dan karet plipit kaca mobil," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Mengurangi Potensi Lis Karet Pintu dan Kaca Mobil Getas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/20/112200415/cara-mudah-mengurangi-potensi-lis-karet-pintu-dan-kaca-mobil-getas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm