Proses perakitan laptop Asus ExpertBook P1412 di PT Sat Nusapersada, Batam
Proses perakitan laptop Asus ExpertBook P1412 di PT Sat Nusapersada, Batam ( KOMPAS.com)

ExpertBook P1412 Kantongi TKDN 25 Persen, Laptop Pertama Asus Rakitan Indonesia

21 Juni 2023 09:11 WIB

SonoraBangka.ID - Asus mulai memproduksi laptop di Indonesia sejak November 2022, dengan menggandeng PT Sat Nusapersada sebagai mitra produksi. Laptop pertama Asus yang dibuat di dalam negeri adalah ExpertBook P1 (P1412).

Menurut Commercial Product Manager Asus, Aldy Ramadiansyah, nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) Asus ExpertBook P1412 mencapai 22 persen.

"(TKDN) Sekitar 22 persen. Dengan BMP (jadi) 30-an persen," ujarnya dalam media visit ke lini produksi Asus di PT Sat Nusapersada, Batam, Selasa (20/6/2023).

BMP atau Bobot Manfaat Perusahaan merupakan nilai penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan Industri yang berinvestasi dan berproduksi di Indonesia.

Adapun komponen lokal yang melengkapi ExpertBook P1412 antara lain komponen karton untuk kemasan laptop, adaptor charger, buku manual, hingga label-label yang terpasang di laptop maupun kemasannya.

Selebihnya, hardware jeroan laptop meliputi prosesor, baterai, kipas, memori, port USB/HDMI, modul WiFi dan lainnya masih diimpor dari China atau Taiwan.

Menurut Aldy, Asus menargetkan ExpertBook P1412 diproduksi hingga 100 unit per hari, yang terdiri atas bermacam stock keeping unit (SKU), dengan spesifikasi chipset, kapasitas hard disk, dan RAM yang berbeda-beda.

Sejauh ini Asus ExpertBook P1412 dan ChromeBook menjadi dua laptop Asus yang diproduksi di Indonesia. Ke depannya Aldy menjanjikan model lain juga diproduksi di Indonesia, tepatnya di Sat Nusapersada.

Misi utama Asus memproduksi laptop di Indonesia adalah untuk bersaing dengan vendor laptop lain, di segmen government (pemerintahan).

Dengan memenuhi TKDN 25 persen, maka perusahaan bisa ikut proyek tender pengadaan barang yang dilakukan pemerintah, seperti laptop.

Kementerian Perindustrian juga memberikan opsi, yaitu TKDN kurang dari 25 persen, asalkan ditambah dengan nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP), sehingga akumulasinya menjadi 25 persen atau lebih.

Nah, guna memenuhi syarat itulah Asus memproduksi ExpertBook P1 di manufaktur Sat Nusapersada di Batam, Kepualauan Riau. Sebelumnya, berbagai laptop Asus yang dijual di Indonesia masih diimpor dari China atau Taiwan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ExpertBook P1412 Kantongi TKDN 25 Persen, Laptop Pertama Asus Rakitan Indonesia", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/06/20/08310017/expertbook-p1412-kantongi-tkdn-25-persen-laptop-pertama-asus-rakitan-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm